Breaking News:

Virus Corona

Kebutuhan Naik 5 Kali Lipat, Jokowi Ajak Swasta Penuhi Kebutuhan Oksigen Medis

Pemerintah berencana membeli 20-30 ribu oksigen konsentrator untuk bisa menyediakan 600 ton oksigen per hari untuk rumah sakit

Editor: Eko Sutriyanto
Foto: BPMI Setpres
Presiden Jokowi melakukan blusukan ke rumah warga di Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (15/7/2021) malam. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan kebutuhan oksigen medis saat ini meningkat lima kali lipat.

Kebutuhan oksigen meningkat dari 400 ton per hari menjadi 2.000 ton per hari.

Untuk pemenuhan kebutuhan oksigen tersebut, pihaknya kata Budi melebihkan kapasitas produksi oksigen di industri dalam negeri bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian RI atau excess capacity.

"Terdapat sekitar 240-250 ton per hari excess capacity yang bisa kami gunakan dari industri-industri dalam negeri," kata Menkes usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, Jumat (16/7/2021).

Pemerintah juga, kata Budi, menggunakan konsentrator oksigen untuk kebutuhan oksigen medis.

Baca juga: Kolaborasi Influencer Hingga Pengusaha Distribusikan Vitamin dan Oksigen Gratis untuk yang Isoman

Pemerintah berencana membeli 20-30 ribu oksigen konsentrator untuk bisa menyediakan 600 ton oksigen per hari untuk rumah sakit.

Alat tersebut kata dia, bisa dipinjamkan ke masyarakat yang membutuhkan.

"Ini adalah alat kecil yang butuh listrik saja kita bisa pasang di rumah maupun di tempat tidur di rumah sakit untuk suplai oksigen dengan kapasitas 10 liter atau 5 liter per menit sehingga cukup untuk tempat tidur isolasi," ujarnya.

Presiden Joko Widodo(Jokowi) mengatakan pemerintah menggandeng pihak swasta untuk memenuhi kebutuhan oksigen medis yang meningkat akibat pandemi covid-19.

"Pemerintah terus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan oksigen secara nasional dan kita telah bekerja sama dengan industri-industri di dalam negeri untuk mengamankan pasokan dan distribusi oksigen medis yang dibutuhkan masyarakat," katanya seusai meninjau PT Aneka Gas Industri (Samator) di Cakung, Jakarta Timur.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved