Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksinasi Covid-19 Fokus di Tiga Provinsi, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Banten

Percepatan vaksinasi di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten diharapkan bisa mengejar target herd immunity di Pulau Jawa pada Agustus ini.

Surya/Ahmad Zaimul Haq
Petugas kesehatan memeriksa warga sebelum disuntik vaksin dalam Serbuan Vaksinasi Covid-19 di halaman Ruko Jala Jaya Koarmada II, Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu (18/7/2021). Komando Armada (Koarmada) II melakukan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat maritim selama 2 hari (Sabtu dan Minggu) dengan target 1.000 warga per hari, guna mewujudkan herd immunity atau kekebalan komunal menuju Indonesia sehat. Surya/Ahmad Zaimul Haq 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mempercepat vaksinasi di tiga provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten.

Tiga provinsi itu akan menjadi fokus wilayah vaksinasi pemerintah setelah Bali dan DKI Jakarta.

Jokowi membeberkan tingkat vaksinasi di tiga wilayah itu masih rendah. Rincinya, Jawa Barat baru 12 persen, Jawa Tengah 14 persen, dan Banten 14 persen.

"Provinsi mana yang harus kita fokuskan? Menurut saya tiga yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten," kata Jokowi saat memberikan arahan dalam Ratas Penanganan Pandemi Covid-19 (Evaluasi PPKM Darurat) di Istana Merdeka, Jumat (16/7/2021) dan disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (17/7/2021).

Percepatan progres vaksinasi, kata Jokowi, adalah hal mutlak. Dia mengutip pernyataan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom.

"Salah satu kunci kita menyelesaikan masalah ini adalah kecepatan vaksinasi," tegas Kepala Negara.

Percepatan vaksinasi di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten diharapkan bisa mengejar target herd immunity di Pulau Jawa pada Agustus ini.

Jokowi mengatakan, dibandingkan tingkat vaksinasi di Jakarta dan Bali, tingkat vaksinasi di tiga provinsi itu masih rendah.

Di Bali sudah 81 persen dosis yang telah disuntikkan. Sementara di DKI Jakarta sudah 72 persen.

Jokowi menargetkan Provinsi Bali dan DKI Jakarta akan mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) pada Agustus mendatang.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved