Breaking News:

Idul Adha 2021

Jokowi Salat Idul Adha di Istana Kepresidenan Bogor, Anggota Paspampres Jadi Imam

Peringatan Idul Adha kali ini kata Jokowi menjadi momentum untuk mengoptimalkan ikhtiar lahiriah dan juga batiniah dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Dewi Agustina
Foto: Instagram Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunaikan ibadah salat Idul Adha di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, (20/7/2021). Presiden Salat berjamaah di halaman Istana bersama sejumlah perangkat kepresidenan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunaikan ibadah Salat Idul Adha di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/7/2021). Presiden salat berjamaah di halaman Istana bersama sejumlah perangkat kepresidenan.

"Saya melaksanakan salat Idul Adha pagi ini di halaman Istana Kepresidenan Bogor dengan jamaah terbatas. Yang bertindak sebagai muazin, imam, dan khatib adalah anggota Paspampres," kata Jokowi, melalui akun instagram @Jokowi.

Meskipun jumlah jemaah sangat terbatas, namun kata Presiden salat berlangsung lancar.

"Seperti kata sang khatib, semua cobaan dapat kita lalui dengan baik manakala dihadapi dengan sabar. Sabar berkorban menjalankan ajaran Islam dan melepaskan egoisme untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT," kata Jokowi.

Dalam peringatan Idul Adha kali ini, Jokowi menyerahkan 35 ekor sapi ke seluruh wilayah Indonesia, yang terdiri dari satu ekor sapi ke Masjid Istiqlal dan 34 lainnya ke seluruh provinsi di Indonesia, masing-masing satu ekor sapi.

Untuk hewan kurban yang diserahkan ke Masjid Istiqlal, berjenis Sapi Limosin Cross dengan bobot 1.199 kilogram.

Peringatan Idul Adha kali ini kata Jokowi menjadi momentum untuk mengoptimalkan ikhtiar lahiriah dan juga batiniah dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Presiden dalam acara Takbir Akbar Idul Adha 1442 Hijriah yang digelar secara virtual, Senin (19/7/2021).

Baca juga: Masjid Istiqlal Tidak Gelar Salat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Kurban

"Kita berikhtiar bersama dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak mengisolasi diri bagi yang bergejala dan memberikan bantuan untuk sesama," kata Jokowi.

Dalam menghadapi kondisi yang terjadi sekarang ini, Jokowi mengajak umat muslim untuk memetik hikmah dari pengorbanan Nabi Ibrahim AS dengan bertakbir bersama di rumah masing-masing dan berdoa agar Pandemi Covid-19 cepat berakhir.

"Mari kita bersama-sama memohon pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta'ala, memohon kesembuhan saudara-saudara kita yang sedang sakit, memberikan kekuatan kepada saudara-saudara kita yang sedang melakukan tugas-tugas kemanusiaan," katanya.

Presiden berharap dengan takbir dan doa dari seluruh umat semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberikan kesabaran dan kekuatan bagi kita semua dalam menghadapi segala ujian dan cobaan.

"Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala meridhoi dan memudahkan semua upaya dan langkah-langkah kita, sampai kita mencapai kemenangan melawan pandemi Covid 19 ini. Amin, Amin ya robbal alamin. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, La ilaha illallah wallahu akbar, Allahu Akbar Walillah Ilham," kata Presiden.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved