Breaking News:

Virus Corona

Menkes: Banyak Prediksi yang Keliru Tentang Lamanya Pandemi Covid-19

Banyak prediksi mengenai berapa lama pandemi Covid-19 akan berlangsung.  Namun prediksi-prediksi tersebut kata Menkes, tidak ada yang benar. 

Tribunnews.com/ Rina Ayu
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, banyak prediksi mengenai berapa lama pandemi Covid-19 akan berlangsung.  Namun prediksi-prediksi tersebut kata Menkes, tidak ada yang benar. 

"Kalau saya lihat banyak orang bikin prediksi yang lalu-lalu itu engga ada yang benar juga," kata Menkes usai rapat terbatas, Senin, (26/7/2021).

Selain itu, kata Budi banyak juga yang menanyakan kepadanya kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. Ia mengatakan bahwa berakhirnya pandemi Covid-19 sangat tergantung pada kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan (Prokes).

"Berapa lama pandemi ini akan terus ? Berapa yang akan masuk RS? Berapa banyak yang wafat itu semua tergantung kita mematuhi Prokes," katanya.

Baca juga: Wamenkes: 94 Persen Kematian Pasien Covid-19 di Indonesia akibat Belum Divaksinasi

Karena dengan menjalani protokol kesehatan dengan ketat, kata dia, maka kasus Covid-19 akan  menurun. Sehingga, tingkat keterisian di RS juga rendah, dan warga yang meninggal karena Covid-19 menurun.

Baca juga: Menkes: Prioritas Vaksin Covid-19 untuk Daerah-daerah Penularan Tinggi

Upaya dalam penangan Pandemi Covid-19 juga harus dilakukan bersama-sama dan tidak bisa mengandalkan pemerintah saja. 

Baca juga: Ini Cara Daftar Vaksin Covid-19 Lewat JAKI, Beserta Cara Cek Jadwal Vaksinasi

 "Sesuai juga dengan arahan presiden, bahwa pandemi ini akan selesai kalau kita bersama-sama secara nasional menghadapinya. Kita tidak saling menyalahkan, tidak saling curiga, tidak saling menuduh, tapi kita menggabungkan semua energi sosial kita untuk mengatasi pandemi ini," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved