Breaking News:

Lewat Pembekalan PIP, Calon Paskibraka Nasional 2021 Siap Jadi Duta Pancasila

para Calon Paskibraka yang telah berhasil mengikuti dan menyelesaikan PIP akan menjadi bagian dari Paskibraka Nasional tahun 2021 sekaligus Duta

ISTIMEWA
Lewat Pembekalan PIP, Calon Paskibraka Nasional 2021 Siap Jadi Duta Pancasila 

TRIBUNNEWS.COM – Dalam rangka menjalankan amanat dan pengimplementasian Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan BPIP Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pembinaan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda, para Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional diharuskan mendapatkan pembekalan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP).

Dalam Perpres tersebut disebutkan, pembekalan materi PIP Paskibraka dilaksanakan mulai dari tingkat kabupaten/kota, propinsi sampai tingkat nasional. Secara langsung, BPIP memberikan pembekalan materi PIP kepada para calon Paskibraka yang berasal dari 34 propinsi di Indonesia dengan ketentuan setiap propinsi diwakili oleh dua orang peserta pembekalan yang telah lolos seleksi sampai tahap nasional. 

Selanjutnya, para Calon Paskibraka yang telah berhasil mengikuti dan menyelesaikan PIP akan menjadi bagian dari Paskibraka Nasional tahun 2021, sekaligus calon paskibraka pertama yang mendapatkan pembekalan materi PIP, dan mengemban tugas sebagai Duta Pancasila seperti yang diamanatkan oleh Perpres nomor 13 tahun 2021. 

Kepala BPIP Yudian Wahyudi menyampaikan, tujuan diadakannya pembekalan materi PIP adalah untuk menjadikan para Paskibraka 2021 yang terpilih menjadi duta Pancasila.

"Saya berharap agar adik-adik Paskibraka 2021 tahun ini bisa menjadi pelopor yang dapat diteladani oleh generasi muda yang akan datang. Sehingga dapat menjalankan tugas dan bisa merawat Pancasila di masa yang akan datang," tukasnya saat memberi pembekalan secara daring. 

Hal serupa juga diungkapkan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam. Ia menjelaskan, Paskibraka tahun 2021 memiliki keistimewaan sendiri karena mendapatkan pendalaman materi pancasila lewat kegiatan pembekalan PIP. 

“Perlu dicatat baik-baik, Paskibraka bukan sekedar bertugas sebagai pengibar bendera, bukan sekedar untuk baris-berbaris dan mengibarkan bendera saat HUT Kemerdekaan RI, tapi dipundak adik adik ada amanah besar, sosok pemimpin kader nasional,” ungkapnya.

Ia menambahkan hal ini merupakan amanat dari Perpres nomor 13 tahun 2021 yang bertujuan untuk membina generasi muda dalam memahami dan mengimplementasikan Pancasila. 

Sementara itu Deputi Bidang Pendidikan dan Latihan BPIP Babby Siti Salamah menambahkan, tujuan dari pembekalan PIP adalah untuk membangun karakter para calon Paskibraka Nasional sebagai kader pemimpin bangsa di masa mendatang.

“Dalam diri peserta diharapkan akan terbentuk karakter kepemimpinan, keterampilan, kedisiplinan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, cinta pada tanah air, persatuan dan kesatuan serta peningkatan wawasan kebangsaan, terbentuknya jiwa semangat patriotisme dan nasionalisme,” pungkasnya.

Melalui karakter yang dibentuk lewat pembekalan PIP tersebut, ia menambahkan bahwa calon Paskibraka Nasional tahun 2021 memegang peran penting sebagai agen perubahan bangsa yang bertugas untuk melestarikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

Agenda pembekalan materi PIP ini dipandu oleh pegawai BPIP Marta dan Wike dan dihadiri langsung oleh para Dewan Pengarah BPIP dan pimpinan BPIP. Meski dilakukan secara daring, pembekalan materi tetap dapat terselenggara dengan baik dan menarik lewat penayangan video dan selingan hiburan kuis dan games

Admin: Sponsored Content
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved