Breaking News:

Luncurkan Perpres Nomor 53 Tahun 2021, Pemerintah Lanjutkan Program RANHAM

Program RANHAM telah dilaksanakan tanpa henti oleh pemerintah sejak diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 129 Tahun 1998.

Istimewa
Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly menyatakan penyusunan RANHAM generasi V telah melalui proses yang panjang dengan melibatkan berbagai pihak. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo pada 8 Juni 2021 telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 53 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia untuk melanjutkan program Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM).

Program RANHAM telah dilaksanakan tanpa henti oleh pemerintah sejak diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 129 Tahun 1998, yang tercatat sebagai RANHAM generasi I, hingga saat ini.

Dengan diterbitkannya perpres tersebut, RANHAM saat ini telah memasuki generasi V.

Dalam setiap periode waktu berlakunya, RANHAM memuat fokus sasaran yang dinamis sesuai dengan isu HAM yang diprioritaskan untuk diselesaikan, baik di tingkat pemerintah pusat maupun daerah.

Pada RANHAM generasi V, pemerintah akan fokus pada pelindungan, penghormatan, dan pemajuan HAM terhadap kelompok rentan yang meliputi perempuan, anak, penyandang disabilitas, dan kelompok masyarakat adat.

Dalam rangka menyosialisasikan RANHAM generasi V, Kementerian Hukum dan HAM menggelar agenda peluncuran Perpres 53/2021 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia pada 5 Agustus 2021.

Acara yang dilaksanakan secara daring ini melibatkan seluruh kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM se-Indonesia.

Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly menyatakan penyusunan RANHAM generasi V telah melalui proses yang panjang dengan melibatkan berbagai pihak mulai dari unsur-unsur pemerintah, Komnas HAM, Komnas Perempuan, KPAI, masyarakat sipil, dan akademisi.

Baca juga: Gedung Kemenkumham di Tangerang Jadi Lokasi Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

Secara subtantif, aksi HAM dirumuskan berdasarkan baseline dan rujukan situasi terkini kelompok rentan yang perlu direspons pemerintah.

Halaman
123
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved