Olimpiade 2021

Windy Cantika Aisah Ikuti Jejak Ibunda Jadi Atlet Angkat Besi Ketimbang Jadi Dokter

Windy Cantika Aisah, menjadi perbincangan sebab raihan medalinya adalah medali pertama yang diraih Indonesia di ajang olahraga empat tahunan tersebut.

VINCENZO PINTO / AFP
Reaksi Atlet Indonesia Windy Cantika Aisah saat berlaga di cabang olahraga angkat besi 49kg putri Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum di Tokyo, 24 Juli 2021. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nama Windy Cantika Aisah langsung menjadi perbincangan publik atas prestasi yang diraihnya di Olimpiade Tokyo 2020.

Atlet angkat besi atau lifter asal Bandung, Jawa Barat ini berhasil meraih medali perunggu setelah mencatatkan total 194 poin pada angkatan snatch dan clean and jerk di kelas 49 kg putri.

Cantika, sapaan akrab Windy Cantika Aisah, menjadi perbincangan sebab raihan medalinya adalah medali pertama yang diraih Indonesia di ajang olahraga empat tahunan tersebut.

Namun siapa sangka, Cantika lebih memilih mengikuti jejak sang ibunda yaitu Siti Aisah sebagai lifter, daripada menjadi seorang dokter.

Siti Aisah sendiri merupakan atlet angkat besi Indonesia di tahun 1980-an.

Dia berhasil meraih medali perak pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi di Amerika Serikat 1987.

Siti mengungkap bahwa dia sempat menanyakan kepada putrinya apakah ingin mengikuti jejak paman-pamannya untuk menempuh ilmu di bidang kedokteran.

Namun ternyata, Cantika lebih memilih fokus menjadi atlet angkat besi.

Siti Aisah, ibunda dari Windy Cantika Aisah, atlet angkat besi Indonesia yang meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020.
Siti Aisah, ibunda dari Windy Cantika Aisah, atlet angkat besi Indonesia yang meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020. (tangkap layar)

"Neng, mau ikut sama uwa-uwa kamu (jadi dokter)?'. Cantika bilang 'Nggak, neng mau angkat besi, mau fokus untuk Olimpiade'," ujar Siti, saat wawancara khusus dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra dan News Manager Tribun Network Rachmat Hidayat, Sabtu (7/8/2021).

Berikut wawancara khusus Tribun Network bersama Siti Aisah, ibunda dari Windy Cantika Aisah, atlet angkat besi Indonesia yang meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 :

Sebelum fokus di dunia angkat besi, Cantika kabarnya sempat ingin kuliah di kedokteran. Bisa diceritakan, kok tiba-tiba bisa banting setir ke dunia angkat besi mengikuti jejak ibu?

Nggak, itu dia kemarin-kemarin karena kan saudara-saudara dari bapaknya semua sekolahnya di kedokteran. Cantika juga sudah angkat besi juga, sudah ikut SEA GAMES juga.

Tapi saya tanya 'Neng, mau ikut sama uwa-uwa kamu?'. Cantika bilang 'Nggak, neng mau angkat besi, mau fokus untuk Olimpiade'. Begitu.

Bagaimana perasaan ibu ketika memastikan Cantika berhasil menjadi peraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020?

Baca juga: Pengorbanan Windy Cantika Demi Medali Olimpiade, Jarang Pulang, Kerap Minta Ibunda Jenguk

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved