Breaking News:

Seleksi Kepegawaian di KPK

Polemik TWK Pegawai KPK Sebaiknya Dihentikan, Selesaikan Lewat Jalur Hukum

Dia menilai keputusan kelulusan pada proses TWK adalah bentuk keputusan tata usaha negara.

KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMAN
Logo KPK. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koordinator Forum Pemuda Mahasiswa Hukum Indonesia, Gurun Arisastra, meminta pihak yang dirugikan dari penyelenggaraan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) calon pegawai KPK agar menempuh jalur hukum.

Secara hukum, menurut dia, keputusan TWK itu merupakan objek dari keputusan lembaga negara yang berarti produk ketetapan tersebut merupakan sebuah keputusan Tata Usaha Negara.

Namun sampai saat ini, dia menilai, pihak yang dirugikan itu belum mengajukan sengketa Tata Usaha Negara ke Pengadilan Tata Usaha Negara setelah dinyatakan tidak lulus seleksi TWK.

"Ajukan ke PTUN, lakukan tindakan hukum," kata dia, dalam keterangannya, pada Jumat (13/8/2021).

Dia menilai keputusan kelulusan pada proses TWK adalah bentuk keputusan tata usaha negara.

Baca juga: Sama Seperti KPK, BKN Juga Keberatan Atas LAHP Ombudsman soal TWK

Harusnya, kata dia, pihak yang dirugikan melayangkan gugatan TUN ke PTUN, karena yang menjadi sengketa adalah keputusan TUNnya bukan teknis administrasinya.

Hal itu sesuai ketentuan Pasal 1 Angka 10 Undang-Undang Nomor 51 Tahun 2009 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1986 Tentang Peradilan Tata Usaha Negara.

Jika merujuk ketentuan aturan itu "Sengketa Tata Usaha Negara adalah sengketa yang timbul dalam bidang tata usaha negara antara orang atau badan hukum perdata dengan badan atau pejabat tata usaha negara, baik dipusat maupun di daerah sebagai akibat dikeluarkannya keputusan tata usaha negara, termasuk sengketa kepegawaian berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku."

Dia mengungkapkan upaya menempuh jalur hukum itu lebih baik dibandingkan melakukan pembentukan opini di masyarakat soal kejanggalan pelaksanaan TWK calon pegawai KPK.

Halaman
12
Tags
KPK
TWK
PTUN
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved