Breaking News:

Virus Corona

Bantuan Obat-obatan Terapeutik dan Alat Kesehatan Senilai Rp 750 Miliar dari AS Tiba di Indonesia

Perusahaan farmasi AS, Eli Lilly memberikan dukungan berupa obat-obatan terapeutik senilai lebih dari 51,6 juta dolar AS.

Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Krishadiyanto
Indonesia kembali menerima 10.000.280 dosis bahan baku vaksin Covid-19 Sinovac yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (12/7/2021). Kedatangan vaksin ini merupakan tahap ke-21 setelah kedatangan sebelumnya pada Minggu (11/7/2021). Pesawat Garuda yang membawa vaksin tersebut memiliki nomor penerbangan GA-891 dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekira pukul 12.15 WIB. Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Krishadiyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Bantuan obat-obatan terapeutik dan alat kesehatan senilai lebih dari 52,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 750 miliar dukungan pihak swasta Amerika Serikat tiba di Jakarta pada Jumat (13/8/2021).

Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI) dalam pernyataannya menyatakan kedatangan obat-obatan dan alat kesehatan tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil kunjungan Menlu RI, Retno Marsudi ke AS pada awal Agustus 2021.

Saat itu, Menlu RI mengatakan bahwa telah disepakati beberapa komitmen baru dalam bidang kesehatan jangka pendek termasuk dukungan obat-obatan terapeutik oleh perusahaan AS.

Perusahaan farmasi AS, Eli Lilly memberikan dukungan berupa obat-obatan terapeutik senilai lebih dari 51,6 juta dolar AS.

Sementara, Direct Relief, organisasi nirlaba di bidang kemanusiaan, selain melakukan dukungan proses pengiriman obat produksi Eli Lilly dari AS ke Indonesia juga memberikan dukungan sejumlah obat lain dan alkes senilai lebih dari US$ 719 ribu.

Paket dukungan ini dikirim dari bandara Los Angeles pada tanggal 11 Agustus 2021, dilepas oleh Konsul Jenderal RI di Los Angeles.

"Dukungan ini mencerminkan kuatnya persahabatan dan solidaritas rakyat Amerika Serikat kepada rakyat Indonesia dalam penanganan pandemi Covid-19," ungkapnya.

Menlu RI menyampaikan apresiasi atas dukungan berbagai pihak, termasuk kepada Senior Vice President Eli Lilly dalam pertemuannya di Washington, D.C. pekan lalu.

Baca juga: Hasil Kajian Penggunaan Vaksin Sinovac dan Sinopharm Sebagai Syarat Perjalanan Umrah Segera Dirilis

Di Bandara Soekarno Hatta, paket dukungan ini diserahterimakan kepada Kementerian Kesehatan RI, yaitu Kepala Pusat Krisis Kesehatan, dan Direktur Tata Kelola Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan, disaksikan oleh Plt. Direktur Amerika I, Kementerian Luar Negeri.

Indonesia kembali kedatangan vaksin Covid-19.

Pada kedatangan tahap ke-36 kali ini sebanyak 5 juta dosis vaksin Sinovac tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, kemarin.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved