Breaking News:

Kemendikbudristek Fasilitasi Insan Vokasi Masuk Industri 4.0

Program Bridging Course Vokasi bisa membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para insan vokasi.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
Istimewa
Ilustrasi: Siswa SMKN 1 Brebes kompetensi keahlian tata busana menjalani praktik menjahit. Untuk mendukung penciptaan manusia unggul khususnya pada pendidikan kejuruan atau vokasi, pemerintah membentuk program SMK Pusat Keunggulan (Center of Excellence). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dan Direktorat Mitras DUDI memfasilitasi para insan vokasi untuk mengasah kemampuannya menyambut industri 4.0.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek Abdul Kahar menyebut pada masa mendatang akan lahir beberapa jenis pekerjaan baru yang membutuhkan kompetensi baru.

Melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kahar mengatakan negara berkomitmen untuk mendukung peningkatan kualitas dan kapasitas insan vokasi.

"Pada tahun 2021 ini Kemendikbudristek dan LPDP bekerja sama meluncurkan Merdeka Belajar Episode 10, perluasan program LPDP dalam wadah Beasiswa Pendidikan Indonesia," tutur Kahar melalui keterangan tertulis, Kamis (19/8/2021).

Kahar menjelaskan, salah satu program beasiswa hasil kerja sama antara Kemendikbudristek dan LPDP adalah Program Bridging Course Vokasi Tahun 2021.

Program ini merupakan program kursus intensif persiapan atau pembekalan kompetensi bahasa dan akademik pendukung terstruktur untuk insan vokasi.

Melalui program ini agar mampu memenuhi persyaratan untuk diterima di jenjang pendidikan yang lebih tinggi pada perguruan tinggi di luar negeri.

Melalui program ini insan vokasi mendapatkan penguatan kemampuan Bahasa Inggris dan keterampilan akademik pendukung.

Penyelenggaraannya secara terstruktur serta pendampingan profesional agar bisa mendapatkan Letter of Accaptance (LoA) pada perguruan tingga impiannya.

Baca juga: Kemendikbudristek Beri Kursus Pembekalan Insan Vokasi untuk Studi di Luar Negeri

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved