Breaking News:

Penangkapan Terduga Teroris

Densus 88 Sebut Organisasi Teroris JI Lihai Menyusup dan Berpolitik, Tujuannya Galang Dana

Kombes Pol Aswin Siregar menyebut organisasi teroris Jamaah Islamiah (JI) sangat lihai menyusup dan berpolitik ke masyarakat seolah terlihat baik.

ISTIMEWA
Logo Tim Densus 88 Antiteror 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Pol Aswin Siregar menyebut organisasi teroris Jamaah Islamiah (JI) sangat lihai menyusup dan berpolitik ke masyarakat seolah terlihat baik.

Padahal, kata Aswin, para terduga teroris itu mengambil kesempatan untuk menggalang dana agar dapat menghidupi organisasinya tersebut.

"Kami mengingatkan bahwa JI sangat lihai menyesuaikan dengan kondisi keadaan yang ada. Mungkin ikut berpolitik juga menyusup ke dalam masyarakat kemudian menggunakan cara-cara yang terlihat damai dan aman seperti  menggunakan kotak amal," kata Aswin di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (20/8/2021).

Baca juga: Seminggu Terakhir Densus 88 Sudah Amankan 53 Terduga Teroris di Sejumlah Daerah

Aswin menyampaikan sejumlah pelaku bahkan menyusup untuk membuat kegiatan tabligh akbar untuk dapat mencari dana dari para jamaah.

Penangkapan ini menjadi bukti bahwa kegiatan mereka harus dihentikan.

"(JI) menggunakan tabligh untuk kumpulkan dana dan sebagainya. Kita harus tetap waspada dan tetap istilahnya menjaga kemananan di wilayah kita masing-masing," ujarnya.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya telah menangkap sedikitnya 123 orang organisasi teroris JI sejak periode 2019-2021.

Angka ini terus meningkat setiap tahunnya.

"Jumlah penangkapan jamaah islamiyah dari 2019 sampai 2021 itu sudah sangat banyak. Di tahun 2019 ada 25 orang, tahun 2020 ada 64 orang dan sekarang sampai dengan Agustus saja sudah 123 orang," tukasnya.

Halaman
12
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved