Breaking News:

Konflik di Afghanistan

Guru Besar UI Apresiasi atas Evakuasi WNI oleh Pemerintah di Afghanistan

Pemerintah telah berhasil mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Afghanistan yang berjumlah 26 orang, disamping 5 warga negara Filipina dan 2

Wakil Kohsar / AFP
Orang-orang Afghanistan naik ke atas pesawat di bandara di Kabul pada 16 Agustus 2021. Ribuan orang mengerumuni bandara kota itu mencoba melarikan diri dari kelompok garis keras Islam yang ditakuti, Taliban. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Pemerintah telah berhasil mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Afghanistan yang berjumlah 26 orang, disamping 5 warga negara Filipina dan 2 orang warga negara Afghanistan yang merupakan pasangan WNI yang dievakuasi.

Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana mengatakan evakuasi ini merupakan upaya penyelamatan pemerintah Indonesia terhadap warganya yang perlu diapresiasi mengingat kompleksitas penyelamatan, disamping energi dan dana yang dibutuhkan.

“Penyelamatan ini merupakan bentuk dari tanggung jawab negara terhadap warganya pada saat warganya berada di suatu negara yang sedang menghadapi suatu permasalahan, baik situasi politik yang tidak menentu ataupun adanya pandemi,” ujar Hikmahanto kepada Tribunnews.com, Jumat (20/8/2021).

Dia menjelaskan pemerintah Indonesia melakukan evakuasi tidak berarti pemerintah tidak percaya dengan jaminan yang telah diberikan oleh Taliban yang saat ini menguasai berbagai wilayah di Afghanistan.

Pejuang Taliban berpose saat mereka berjaga di sepanjang pinggir jalan di Herat. Afghanistan, pada 14 Agustus 2021. (HO/STR/AFP)
Pejuang Taliban berpose saat mereka berjaga di sepanjang pinggir jalan di Herat. Afghanistan, pada 14 Agustus 2021. (HO/STR/AFP) (AFP/-)

Baca juga: Cerita WNI yang Tinggal di Afghanistan Saat Pasukan Taliban Memasuki Kabul

Menurut dia, WNI yang saat ini berada di Afghanistan, seperti sebagian WNA di Afghanistan bahkan sebagian masyarakat Afghanistan, tentunya ingin dirinya selamat dalam situasi yang tidak menentu.

Disinilah hadirnya negara untuk melakukan evakuasi.

“Bagi WNI yang terjebak dalam situasi yang tidak menentu di Afghanistan tentu mereka bangga menjadi WNI dengan kehadiran negara untuk melakukan evakuasi,” ucapnya.

 Sebelumnya diberitakan Pemerintah Indonesia (RI) berhasil mengevakuasi 26 warga negara Indonesia (WNI) dari ibukota Afghanistan, Kabul.

Kabar ini disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melalui twit yang diunggahnya pada Jumat (20/8/2021).

Retno mengatakan evakuasi WNI dilakukan dengan pesawat TNI Angkatan Udara (AU).

“Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU,” ujarnya.

Retno melanjutkan pesawat tersebut saat ini sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia.

Tim evakuasi membawa sekiranya 26 WNI termasuk staff KBRI.

Selain itu tim juga membawa 5 warga negara Filipina, dan 2 warga negara Afghanistan, yakni suami dari WNI dan staff lokal KBRI.(*)

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved