Breaking News:

TNI AL Kerahkan KRI Semarang-594 untuk Pasok Kebutuhan Oksigen Medis di Provinsi Riau

Ia juga menjelaskan beberapa waktu lalu KRI Semarang-594 juga telah mendukung ketersediaan pasokan oksigen untuk keperluan medis di Belitung.

Penulis: Gita Irawan
Foto: Dinas Penerangan Koarmada I
KRI Semarang-594. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koarmada I TNI Angkatan Laut kembali mengerahkan unsur KRI Semarang-594 untuk memenuhi pasokan oksigen medis di Dumai Provinsi Riau pada Jumat (20/8/2021).

Pasokan oksigen medis tersebut akan disalurkan guna membantu daerah-daerah yang kekurangan oksigen dan rumah sakit yang menangani pasien Covid-19  

Panglima Koarmada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Arsyad Abdullah yang langsung melakukan inspeksi dalam operasi kemanusian tersebut mengatakan bahwa TNI AL akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu daerah-daerah yang kekurangan suplai oksigen.

Hal tersebut, kata Arsyad, sesuai instruksi Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Instruksi tersebut yakni mendukung pemerintah dalam upaya penanganan covid-19 dengan mengerahkan potensi yang dimiliki TNI AL baik menggunakan alutsista ataupun melalui pangkalan TNI AL utamanya di wilayah kerja Koarmada I.

Baca juga: Kolinlamil TNI AL Jangkau 1.500 Warga Pesisir Tarumajaya untuk Divaksinasi

Ia juga menjelaskan beberapa waktu lalu KRI Semarang-594 juga telah mendukung ketersediaan pasokan oksigen untuk keperluan medis di Belitung,

"Kehadiran KRI Semarang-594 di Dumai-Riau sebelumnya telah melalui permohonan resmi dari Gubernur Provinsi Riau Syamsuar kepada Panglima TNI yang ditindaklanjuti Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dengan mengerahkan KRI Semarang-594 yang," kata Arsyad dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Koarmada I pada Jumat (20/8/2021).

KRI Semarang-594, kata Arsyad, merupakan kapal perang berjenis Landing Platform Dock LPD kelas BRS (Bantuan Rumah Sakit) buatan PT PAL Indonesia Surabaya.

Kapal tersebut difungsikan sebagai kapal rumah sakit dengan dilengkapi generator oksigen yang mampu memproduksi oksigen secara mandiri sebanyak 75 ribu liter oksigen dalam waktu 24 jam.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved