Konflik di Afghanistan

Profil Letkol Pnb Ludwig Bayu, Sosok di Balik Evakuasi WNI dari Afghanistan oleh TNI AU

Letkol Pnb Ludwig Bayu bersama Mayor Pnb Mulyo Hadi dan 10 awak pesawat Skadron Udara 17 TNI AU, diterjunkan untuk bantu evakuasi WNI di Afghanistan.

tni-au.mil.id
Letkol Pnb Ludwig Bayu saat penyematan pangkat militer Tituler, Selasa (30/7/2019). 

TRIBUNNEWS.COM - TNI AU berhasil mengevakuasi 26 warga negara Indonesia (WNI) dari Afghanistan, Jumat (20/8/2021).

Mereka tiba di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Sabtu (21/8/2021) dini hari.

Dikutip dari tni.mil.id, total ada 33 orang yang berhasil dievakuasi TNI AU menggunakan pesawat Boeing 737-400 setelah situasi di ibu kota Kabul mencekam pasca-pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban.

Rinciannya adalah 16 staf KBRI, 10 non-staf KBRI, dan tujuh warga negara non-WNI.

Diketahui, tujuh warga negara non-WNI itu adalah lima warga negara Filipina dan dua warga Afghanistan.

Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) terlihat memasuki pesawat TNI AU di Kabul, Afghanistan. Kementerian Luar Negeri RI telah mengevakuasi 26 WNI dari Afghanistan di tengah peningkatan ketidakpastian setelah Taliban menduduki Istana Kepresidenan.
Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) terlihat memasuki pesawat TNI AU di Kabul, Afghanistan. Kementerian Luar Negeri RI telah mengevakuasi 26 WNI dari Afghanistan di tengah peningkatan ketidakpastian setelah Taliban menduduki Istana Kepresidenan. (Dispenau)

Baca juga: Rusia: Taliban adalah Penguasa Sah, Tidak Ada Alternatif Selain Mereka di Afghanistan

Baca juga: Sosok Mariam Ghani, Putri Ashraf Ghani yang Kini Nikmati Hidupnya sebagai Seniman di Brooklyn

Keberhasilan evakuasi ini mendapat apresiasi dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Keberhasilan misi evakuasi warga negara Indonesia di Kabul ini tidak ringan, karena banyak permasalahan dan dinamika di lapangan yang kita hadapi."

"Namun semua bisa dilaksanakan dengan baik berkat kerjasama antar kementerian dan lembaga sehingga operasi ini bisa berjalan dengan aman dan lancar," bebernya, Sabtu.

Proses evakuasi ini dilakukan oleh 20 prajurit yang dipimpin Asintel Koopssus TNI, Kolonel Pas Dili Setiawan, bersama pilot Letkol Pnb Ludwig Bayu dan Mayor Pnb Mulyo Hadi

Profil Letkol Pnb Ludwig Bayu

Letkol Pnb Ludwig Bayu (kanan) bersama KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo (kanan) yang masih menjabat Pangkoopsau I saat penyematan pangkat militer Tituler, Selasa (30/7/2019).
Letkol Pnb Ludwig Bayu (kanan) bersama KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo (kanan) yang masih menjabat Pangkoopsau I saat penyematan pangkat militer Tituler, Selasa (30/7/2019). (tni-au.mil.id)
Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved