Breaking News:

Virus Corona

Pembelajaran Tatap Muka Dimulai di Daerah PPKM Level 1-3, Sekolah Harus Bentuk Satgas Covid-19

Meski demikian, kata dia, akselerasi pembukaan PTM terbatas harus tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian.

WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
HARI PERTAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA SEKOLAH - Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada hari pertama di SD Negeri Cipulir 03 pagi berlangsung lancar, Senin (30/8/2021). Dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka ini pihak sekolah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, dengan mengutamakan kehati-hatian, keselamatan dan ketercapaian pendidikan mengingat wabah pandemi yang masih bercokol dan belum 100 persen hilang. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah mendorong sekolah di wilayah PPKM level 1-3 segera membentuk Satgas Covid-19 tingkat sekolah untuk mendukung efektivitas Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

“Pemerintah mengarahkan sekolah di wilayah PPKM level 1-3 meningkatkan kesiapan pembukaan PTM secara terbatas, karena ini penting untuk menekan risiko learning loss dan menjaga kualitas pembelajaran anak Indonesia. Namun demikian, menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga agar sekolah tidak menjadi klaster penyebaran yang baru,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate dalam keterangannya, Senin (30/8/2021).

Meski demikian, kata dia, akselerasi pembukaan PTM terbatas harus tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Baca juga: Pimpinan DPR Monitor dan Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka di Sejumlah Sekolah

Karena itu, upaya perlindungan kesehatan bagi insan pelaku pendidikan dan keluarganya harus dioptimalkan.

"Selain percepatan vaksinasi bagi pendidik dan peserta didik, penerapan teknis pelaksanaan protokol kesehatan sesuai regulasi juga harus diperkuat," imbuhnya.

Untuk memastikan adanya pengawasan protokol kesehatan ini, pemerintah mendorong satuan pendidikan di wilayah PPKM level 1-3 segera membentuk Satgas Covid-19 tingkat sekolah untuk mendukung efektivitas PTM secara terbatas.

Satgas Covid-19 sekolah bertugas mengawal dan menjamin keamanan dan keselamatan warga sekolah dengan pengawasan protokol kesehatan yang ketat.

Satgas sekolah juga akan berperan penting dalam mengkomunikasikan setiap perkembangan PTM kepada satgas daerah dan dinas terkait.

Diketahui, dalam SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved