Breaking News:

Virus Corona

Pemerintah Gandeng MUI untuk Sampaikan Pentingnya Vaksinasi Lewat Tausiyah

Pemerintah lewat kementerian informasi dan informatika (Kemkominfo) menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menyampaikan literasi pandemi,

Tribunnews.com/ Chaerul Umam
Usman Kansong 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah lewat kementerian informasi dan informatika (Kemkominfo) menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menyampaikan literasi pandemi, khususnya terkait pentingnya vaksinasi lewat tausiyah.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo Usman Kansong di webinar Literasi Pandemi dan Pemulihan Ekonomi di Kalangan Milenial Muslim, Sabtu (4/9/2021).

Sebagaimana diketahui, vaksinasi hingga saat ini masih terkendala karena banyaknya kabar hoaks sehingga pelaksanaannya belum optimal.

Dirjen Kominfo berujar, pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 11 tahun 2020 telah menetapkan kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19 di Indonesia.

Semua diwajibkan untuk melakukan penanggulangan penyebaran virus sesuai peraturan perundang-undangan.

Oleh karena itu menurutnya kerja sama antar kementerian/Lembaga pemerintah sangat diperlukan dalam menangani pandemic, salah satunya lewat program vaksinasi.

Baca juga: Soal Bocornya NIK Jokowi di Sertifikat Vaksin, Menkes Sebut Datanya Sudah Dirapikan dan Ditutup

“Berdasarkan keputusan Kementerian Kesehatan, saat ini pemerintah telah menetapkan 6 jenis vaksin covid-19 yakni vaksin yang diproduksi Bio Farma, Astra Zeneca, Moderna, Sinopharm, Pfizer dan Sinovac,” ujarnya.

Usman mengatakan yang menjadi masalah atau kendala pelaksanaan vaksinasi, selain karena kendala teknis adalah karena adanya kendala internal atau keyakinan setiap individu yang berbeda-beda terkait vaksin.

Menggandeng MUI sebagai lembaga yang berbasis agama untuk menyukseskan program vaksinasi menurutnya sangat dibutuhkan.

“Diharapkan peran Lembaga agama ikut turut membangun literasi untuk menekan dan mencegah pandemi covid-19. Bisa dengan cara memberikan tausiyah atau pencerahan yang mendorong masyarakat untuk mau divaksin,” ujarnya.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved