Breaking News:

Bursa Capres

Jika Pilpres Dilakukan Hari Ini, Berikut Sosok yang Akan Dipilih Publik

Direktur SPIN Igor Dirgantara mengatakan, bahwa Prabowo Subianto menempati posisi pertama jika Pemilu diadakan pada hari ini.

Kolase Tribunnews.com
Prabowo Subianto, Puan Maharani, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono. Keempat nama tersebut diperkirakan akan masuk bursa Capres-Cawapres di Pilpres 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga survei dari Survei & Polling Indonesia (SPIN) melakukan survei untuk melihat tingkat elektabilitas calon presiden jika Pemilu diadakan hari ini.

Direktur SPIN Igor Dirgantara mengatakan, bahwa Prabowo Subianto menempati posisi pertama jika Pemilu diadakan pada hari ini.

Lalu, disusul oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Hal ini disampaikan oleh Igor Dirgantara dalam rilis Temuan Survei Nasional Elektabilitas Tokoh Pemilu 2024 secara virtual, Rabu (8/9/2021).

"Prabowo Subianto kembali juara dengan perolehan elektabilitas 21,9 persen, disusul berturut-turut oleh Anies Baswedan 16,1 persen, Ganjar Pranowo 15,6 persen," kata Igor.

Igor pun menjelaskan, elektabiltas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 8,7 persen, Gubernur Jabar Ridwan Kamil 5 persen dan Menparekraf Sandiaga Uno 4,9 persen.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOM, Dokumentasi @DKIJakarta/INSTAGRAM, Pemprov Jateng)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOM, Dokumentasi @DKIJakarta/INSTAGRAM, Pemprov Jateng) (Kompas TV)

Sementara, Ketua DPR RI Puan Maharani memperoleh 2,3 persen, Mensos Tri Rismaharini 1,8 persen, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa 1,6 persen, mantan Panglima TNI Gatot nurmantyo 1,3 persen, Ketum Golkar Airlangga Hartarto 1 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 0,9 persen, Menkopolhukam Mahfud MD 0,7 persen, Tito karnavian 0,7 persen, serta calon lain.

Baca juga: Prabowo Subianto, Menteri Berkinerja Baik Selama Pandemi Versi Survei SPIN

"Seperti yang terlihat pada grafik di atas dalam survei ini juga tentunya masih ada 16,5 persen responden belum menentukan pilihan," jelasnya.

Igor menambahkan, sosok Prabowo Subianto yang mampu fokus terhadap kinerjanya di Kemenhan tanpa dipusingkan menaikkan popularitas dengan memasang banyak baliho, iklan di televisi dan sebagainya.

Tapi, hasilnya terekspos dengan baik menjadi faktor masyarakat masih memilih Prabowo.

Kemudian, Prabowo dalam hal popularitas berasal dari keikutsertaannya pada momen-momen yang politik nasional.

Mulai dari pernah menjadi calon wakil presiden pada pemilihan presiden 2009, dan menjadi calon presiden pada 2014 dan 2019 yang lalu.

"Tentunya masih kuat ingatan kolektif publik terhadap sosok Prabowo Subianto. Hal ini menunjukkan Prabowo Subianto tetap ada di hati masyarakat," terang Igor.

Diketahui, Survei SPIN ini digelar pada 7-21 Agustus 2021. Jumlah responden yang terlibat sebanyak 1670 dengan kategori usia di atas 17 tahun.

Teknik yang digunakan dalam sirvei ini yakni Multistage Random Sampling dengan Margin of Error kurang lebih 2,4 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved