Jokowi: 10 Bendungan akan Diresmikan dalam Waktu Dekat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dalam sepekan terakhir akan meresmikan tiga bendungan pada saat kunjungan kerja ke daerah.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Sanusi
PRESIDENTIAL PALACE/Agus Soeparto
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Lampung. Kamis (02/09/2021). Bendungan multifungsi dibangun dengan biaya sebesar Rp1,78 triliun ini dapat dimanfaatkan untuk irigasi pertanian, persediaan air baku, pembangkit listrik, serta pengendalian banjir. (TRIBUNNEWS/gus Soeparto/PRESIDENTIAL PALACE) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dalam sepekan terakhir akan meresmikan tiga bendungan pada saat kunjungan kerja ke daerah.

Terdapat 17 bendungan yang akan selesai pembangunannya tahun ini, dan sebagian telah rampung.

Hal itu disampaikan Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi, pada Rabu, (8/9/2021).

Baca juga: Jokowi Targetkan 70 Persen Penduduk Dapat Suntikan Vaksin di Akhir Tahun

"Ada 17 bendungan yang telah dan akan diselesaikan pemerintah sepanjang tahun 2021," kata Jokowi.

Bendungan yang telah rampung dan diresmikan tersebut diantaranya Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur, Bendungan Napun di Kalimantan Selatan, Bendungan Napun Gete di NTT dan Bendungan Sindangheula di Banten.

Baca juga: Kunker ke Jatim, Jokowi Minta Vaksinasi Dipercepat

"Sepuluh bendungan lainnya diharapkan segera diresmikan dalam waktu dekat," kata Presiden.

Adapun bendungan yang akan diresmikan tersebut diantaranya Bendungan Paselloreng dan Bendungan Karalloe di Sulawesi Selatan, Bendungan Ladongi di Sulawesi Tenggara, Bendungan Bintang Bano di NTB, Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di Jawa Barat, Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng di Jawa Timur, Bandungan Pidekso di Jawa Tengah, serta Bendungan Margatiga di Lampung.

Bendungan tersebut kata Presiden akan menjadi sumber jaringan irigasi yang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat, khususnya para petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

"Selain itu, bendungan akan menjadi pemasok air bersih, sumber tenaga listrik, dan pengendali banjir," pungkasnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved