Breaking News:

Virus Corona

Covid-19 Varian Mu Jangan Dianggap Sepele, Segera Perketat WNA Masuk ke Indonesia

Disiplin protokol kesehatan, vaksinasi, serta penerapan 3T tetap menjadi solusi efektif untuk mencegah penularan covid-19 varian Mu.

Editor: Dewi Agustina
Tribunnews/Jeprima
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada warga di Jakarta Islamic Centre, Jakarta Utara, Selasa (7/9/2021). Vaksinasi Serentak Pesantren dan Rumah Ibadah di Jakarta Islamic Centre (JIC) telah melampaui target. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 6-7 September 2021 itu diikuti lebih dari dua ribu warga sekitar JIC. Untuk warga yang sudah selesai mengikuti vaksinasi Covid-19 mereka mendapatkan sembako berupa beras 5 kilogram. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Virus covid-19 varian baru Mu yang kini sudah dideteksi masuk ke beberapa negara harus betul-betul diwaspadai.

Indonesia perlu belajar dari kasus varian Delta yang masuk dari India.

"Waktu itu warga India ke Indonesia lewat udara tanpa seleksi dan prosedur yang ketat. Oleh sebab itu kasus seperti itu tidak boleh terulang kembali," ujar Anggota Komisi IX DPR, Nurhadi dalam pernyataannya, Jumat (10/9/2021).

Menurut Nurhadi, protokol kesehatan tetap harus menjadi protokol baru dalam kehidupan masyarakat, terutama disiplin mengenakan masker.

"Kita berharap pemerintah terus menerus melakukan sosialisasi tentang disiplin prokes, termasuk setelah pandemi ini," ujar Nurhadi.

Sementara itu Anggota Komisi IX DPR Darul Siska berpendapat, kebijakan memperketat orang masuk ke Indonesia harus dilaksanakan secara tegas tanpa pandang bulu.

Baca juga: KPU Waspadai Varian Baru Virus Corona Jelang Pemilu 2024 dan Pilkada Serentak 2024

"Dan setiap orang masuk ke Indonesia harus diperiksa dan dimonitor secara teliti untuk mencegah masuknya varian-varian baru Covid 19," ujar Darul.

Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University, Australia, Dicky Budiman mengatakan covid varian Mu bisa menurunkan efikasi vaksin serta antibodi.

Penyintas Covid-19 tetap berpotensi terinfeksi varian Mu.

"Terinfeksi Delta, terinfeksi Alpa, ya bisa terinfeksi dengan Mu," katanya.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved