Breaking News:

Pemilu 2024

Legislator PAN Ingatkan Penyelenggara Pemilu, Penyusunan Anggaran Gunakan Prinsip Efisien & Efektif

Semangat keserentakan Pemilu dan Pilkada yang dilaksanakan pada tahun yang sama (2024), seharusnya bisa menghemat anggaran.

Penulis: chaerul umam
Editor: Dewi Agustina
/Alex Suban
Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si setelah siaran Diginas Tribun Series : Persiapan Parpol Hadapi Pemilu Serentak 2024 di Studio Tribun Network, Palmerah, Jakarta Pusat, Selasa (7/9/2021). Wartakotalive.com/Alex Suban 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus mengatakan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 adalah sebuah keniscayaan.

Untuk itu perlu didukung oleh anggaran pelaksanaan dengan tetap mengacu kepada efisiensi dan efektivitas, agar terjadi penghematan anggaran.

Menurutnya, anggaran pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak 2024 sifatnya subjektif.

"Komisi II selalu menekankan kepada penyelenggara pemilu, dalam penyusunan anggaran memakai prinsip efisien dan efektif," kata Guspardi Gaus kepada wartawan, Kamis (16/9/2021).

Selanjutnya, penyusunan anggaran harus mempertimbangkan keadaan keuangan negara yang sedang melakukan refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19 serta perekonomian negara yang belum membaik.

Guspardi mengatakan, KPU telah mengusulkan kepada Komisi II anggaran sebesar Rp 86,2 triliun untuk pelaksanaan Pemilu (Pileg dan Pilpres) yang dananya berasal dari APBN.

Baca juga: Keluar Aturan Baru, PNS Tidak Netral saat Pemilu Diberhentikan

Dan anggaran Rp 26,2 triliun untuk prosesi Pilkada serentak di 514 kabupaten/kota dan 34 provinsi pada tahun 2024 dananya bersumber dari APBD tahun 2023 dan 2024.

"Usulan anggaran yang disampaikan oleh KPU tersebut belum diputuskan oleh DPR dan pemerintah," ujarnya.

Legislator asal Sumatera Barat itu juga menanggapi adanya anggapan tahapan pemilu yang terlalu panjang.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved