Sentra Vaksinasi dan Tim Vaksin Keliling Targetkan 168 Ribu Dosis ke Warga Kabupaten Semarang

Kerjasama dengan Djarum Foundation ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah warga yang menerima vaksinasi

Handout
Kegiatan vaksinasi warga hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Semarang menggandeng Djarum Foundation. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Semarang menggandeng Djarum Foundation dalam upaya mempercepat pembentukan kekebalan komunal melalui program vaksinasi Covid-19.

Kerjasama ini diwujudkan dalam bentuk pendirian sentra vaksinasi dan tim vaksin keliling yang akan beroperasi mulai 27 September hingga 19 November 2021 di wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Bupati Semarang H Ngesti Nugraha, SH, MH menuturkan kerjasama dengan Djarum Foundation ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah warga yang menerima vaksinasi sehingga dapat segera menghasilkan kekebalan komunal di tengah masyarakat.

Hingga pekan ketiga September 2021, jumlah penduduk yang telah menerima vaksin diperkirakan baru mencapai 382.604 orang atau sekitar 46,05% dari total populasi yang diperkirakan sebanyak 1.053.786 jiwa.

“Kontribusi berbagai elemen masyarakat termasuk Djarum Foundation dalam program sentra vaksinasi dan tim vaksin keliling ini diharapkan dapat membantu segera terbentuknya kekebalan komunal di wilayah Kabupaten Semarang yang ditargetkan tercapai sebelum akhir tahun 2021,” jelas Ngesti saat mengunjungi sentra vaksinasi di Kecamatan Ambarawa pada Selasa (28/9/2021)

Baca juga: Wapres Ma’ruf Amin Tinjau Sentra Vaksinasi Kedua oleh Kompas Gramedia dan Neoclinic di BBJ

Pada program vaksinasi ini, seluruh vaksin Sinovac berasal dari Pemerintah Kabupaten Semarang dan juga Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang.

Tak hanya itu, Dinkes Kabupaten Semarang juga menerjunkan puluhan tenaga kesehatan yang akan bertugas sebagai vaksinator.

Baca juga: CEO Pfizer Prediksi Kehidupan Normal akan Kembali Tahun Depan, Vaksinasi Tahunan Mungkin Dibutuhkan

Dukungan juga diberikan oleh para dokter di wilayah Semarang yang akan terjun langsung selama program vaksinasi ini berjalan.

Vice Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation, Achmad Budiharto mengatakan hingga saat ini vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan merupakan upaya cara paling efektif agar Indonesia bisa segera keluar dari pandemi Covid-19 yang telah terjadi sejak Maret 2020.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Singapura Naik, Vaksinasi Lansia di RI Dipercepat

Untuk itu, ia berharap masyarakat di wilayah Kabupaten Semarang dapat berpartisipasi secara maksimal dalam menyukseskan program vaksinasi ini.

“Melalui program vaksinasi ini, Djarum Foundation menegaskan dukungan terhadap target pemerintah melaksanakan vaksinasi dua juta dosis per hari," ujar Budiharto.

"Tak hanya di Kabupaten Semarang, kami juga menyelenggarakan program vaksinasi di Kabupaten Kudus dengan harapan yang paling utama, yakni Indonesia segera mencapai kekebalan komunal sehingga kita bisa mulai memperbaiki dampak pandemi yang telah terjadi selama satu setengah tahun terakhir,” lanjut Budiharto.

Ia menjelaskan, program vaksinasi ini terdiri dalam dua kegiatan yakni sentra vaksinasi yang berlokasi di Gedung Gotong Royong, Ambarawa dan juga tim vaksinasi keliling yang akan ‘jemput bola’ ke berbagai kecamatan di Kabupaten Semarang.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved