Breaking News:

Tingkatkan Literasi Digital, Diginusa dan Asus Indonesia Adakan Kompetisi IT Nasional Antar Sekolah

Diginusa mengadakan acara ITFiesta ‘National ICT Competition’ 2021 secara daring yang diikuti oleh ratusan siswa dari berbagai sekolah di Indonesia.

Editor: Content Writer
Istimewa
Rangkaian acara ITFiesta ‘National ICT Competition’ dimulai sejak tanggal 9 Agustus 2021 dan berakhir pada tanggal 25 September 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemberlakuan Pembatasan Aktivitas Masyarakat atau biasa disingkat PPKM tidak menyurutkan semangat untuk terus mengasah dan mengembangkan kemampuan khususnya di bidang IT (Information Technology).

Diginusa justru melihat momen ini sebagai waktu yang tepat untuk menambah pengetahuan dalam hal penguasaan teknologi bagi siswa-siswi di Indonesia. Untuk pertama kalinya, Diginusa mengadakan acara ITFiesta ‘National ICT Competition’ 2021 secara daring dan diikuti oleh ratusan siswa dari berbagai sekolah di Indonesia.  

Nama ITFiesta sendiri diadaptasi dari Bahasa Inggris. Fiesta dari Bahasa Inggris yang berarti sebuah pesta dan IT merupakan singkatan dari Information Technology atau Teknologi Informasi, merujuk kepada penggunaan Teknologi sebagai sarana penyebaran Informasi.

Itulah ITFiesta, sebuah pesta yang terdiri dari berbagai rangkaian acara yang ditujukan untuk membantu siswa-siswi di Indonesia memahami dan menambah literasi mereka dibidang teknologi digital. Rangkaian acara ITFiesta ‘National ICT Competition’ dimulai sejak tanggal 9 Agustus 2021 dan berakhir pada tanggal 25 September 2021.

Kegiatan utama acara ITFiesta ‘National ICT Competition’ adalah lomba IT yang diikuti oleh siswa-siswi dari tingkat SD hingga SMA. Perlombaan tingkat SD dibagi menjadi 3 kategori yaitu lomba Digital Painting untuk kelas 1 dan 2; lomba Digital Drawing untuk kelas 3 dan 4; dan lomba Digital Comic untuk kelas 5 dan 6.

Kategori SD terbagi ke dalam 3 kategori dengan alasan agar kompetisi dapat diikuti secara adil mengingat kemampuan anak tingkat SD yang berbeda dari antar jenjangnya. Diikuti oleh lebih dari 400 ratus peserta, anak-anak belajar mendalami penggunaan software untuk membuat sebuah karya kreatif melalui ajang lomba ini. 

Hasil karya pun menunjukkan bahwa Indonesia memiliki begitu banyak anak-anak berbakat yang dapat menggunakan teknologi untuk menghasilkan karya kreatif. Walau perlombaan diadakan secara daring namun tidak membatasi kreativitas siswa dalam membuat karya.

Perlombaan untuk SMP terbagi dalam 2 kategori, yaitu Fotografi dan Desain Logo. Lomba ini ditujukan untuk mengasah kreativitas dan kemampuan siswa dibidang seni dan digital kreatif. Perlombaan yang tersedia untuk jenjang SMA adalah Web Design dan Video Kreatif. Keunikan dari perlombaan Web Design adalah penjurian dilakukan secara live daring dimana peserta dapat mempresentasikan tampilan web yang mereka buat. Perlombaan video kreatif juga tidak kalah seru. Hasil karya dari peserta diunggah ke Youtube Diginusa dan jumlah like serta views menjadi salah satu poin penilaian.

Layaknya sebuah Pesta, ITFiesta tidak hanya terdiri dari 1 acara, tetapi juga memiliki kegiatan lain yaitu workshop.

ITFiesta mengadakan 3 workshop yang terbagi untuk semua jenjang. Workshop untuk SD bertemakan Let’s Make Digital Comic yang diadakan pada tanggal 4 September 2021.

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved