Breaking News:

Kemenag Beri Bantuan 3,6 Juta Paket Data Internet untuk Madrasah hingga Mahasiwa PTKI

Kemenag kembali salurkan bantuan 3,6 juta paket data internet kepada siswa dan guru Madrasah, hingga dosen dan mahasiwa PTKI.

Penulis: Shella Latifa A
Editor: Miftah
Tribunnews/Jeprima
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas (kemeja putih) memberikan keterangan pers terkait penyelenggaraan ibadah haji 1442 H/2021 M di Gedung Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Kamis (3/6/2021). Dalam keterangannya, pemerintah memastikan tidak memberangkatkan jemaah haji Indonesia pada musim haji tahun ini karena menimbang kondisi pandemi Covid-19 yang masih meluas di seluruh dunia dan belum adanya kepastian dari Kerajaan Saudi terkait kuota haji menjadi pertimbangan utama pembatalan keberangkatan ini. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Agama (Kemenag) kembali memberikan bantuan 3,6 juta paket data internet kepada siswa dan guru madrasah, hingga dosen dan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, bantuan ini merupakan langkah pemerintah agar pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) tetap berjalan lancar selama pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, untuk tahap ketiga ini telah tersalurkan 3,6 juta bantuan paket data ke stakeholders lembaga pendidikan binaan Kementerian Agama,” jelas Menag, Rabu (6/10/2021), dikutip dari laman pers Kemenag.

Baca juga: Wamenag Minta Perguruan Tinggi Islam Responsif Beri Solusi Masalah Bangsa

Yaqut menyebut, ada empat tujuan dari pemberian paket data internet ini.

Tujuan pertama, yakni memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan pelayanan pendidikan selama pandemi Covid-19.

Kedua, melindungi warga pada satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19.

Kemudian, mencegah penyebaran Covid-19 hingga membantu operasional kegiatan pembelajaran daring ini.

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani pun membeberkan rincian penerima bantuan paket data internet tahap III ini.

Serah terima jabatan juga dilakukan di Kementerian Agama. Menteri Agama Yaqut Cholil resmi menggantikan Fachrul Razi hari ini, Rabu (23/12/2020).
Serah terima jabatan juga dilakukan di Kementerian Agama. Menteri Agama Yaqut Cholil resmi menggantikan Fachrul Razi hari ini, Rabu (23/12/2020). (Humas Kemenag RI)

Baca juga: Lantik Eselon 1 Kemenag, Menteri Agama Minta Pejabat Siap Dengarkan Kritik 

Baca juga: Insentif Mulai Cair, Kemenag Minta Guru Madrasah Non-PNS Aktivasi Rekening

Bantuan tersebut diberikan kepada sebanyak 518.978 mahasiswa PTKI.

Lalu, ada 16.749 dosen PTKI, 405 dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) pada perguruan tinggi umum, 446.243 guru madrasah dan 26.117 guru PAI di sekolah.

Tak hanya guru, siswa Madrasah juga akan mendapat bantuan ini, di antaranya 431.786 siswa Madrasah Aliyah (MA), 774.634 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Kemudian, 1.105.585 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan 291.181 siswa Raudatahul Atfal (RA).

"Total penyaluran bantuan paket data pembejaran jarak jauh adalah sebesar 3.611.678."

"Para penerima bantuan paket data ini adalah mereka yang nomor ponselnya sudah terdaftar di salah satu sistem aplikasi, di antaranya: EMIS, SIMPATIKA/SIAGA, Aplikasi PTU, dan Aplikasi Lintasi DAI," jelas Ali.

(Tribunnews.com/Shella Latifa)

Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved