Breaking News:

Video Aksi Paspampres Lumpuhkan 15 Drone Saat Presiden Jokowi Buka PON Papua, Gimana Cara Kerjanya?

video seorang personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampers) yang dilengkapi dengan senjata pelumpuh drone dalam acara pembukaan PON XX Papua

Editor: Wahyu Aji
Dokumentasi Pusdatin Kemenhan RI
Pelatihan penggunaan Static Anti Drone dan Mobile Drone Jammer Kementerian Pertahanan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebuah video seorang personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampers) yang dilengkapi dengan senjata pelumpuh drone dalam acara pembukaan PON XX Papua, viral di media sosial

Sebuah akun memposting foto seorang laki-laki membawa alat berwarna hitam dan mengamati langit-langit di sekitar lokasi pembukaan acara PON XX Papua.

Akun tersebut menyebutkan bahwa Paspampers tengah melumpuhkan drone liar di sekitar lokasi keberadaan Presiden Joko Widodo.

Melansir Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 37 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2018, penghentian pengoperasian dalam bentuk menjatuhkan pada area yang aman, termasuk dalam pengenaan sanksi.

Salah satunya karena drone tidak disetujui atau beroperasi tidak sesuai persetujuan yang diberikan.

Apa itu alat pelumpuh drone dan bagaimana cara kerjanya?

1. Drone gun tactical jammer

Ada beberapa jenis pelumpuh drone, salah satunya yang paling populer yaitu drone gun tactical jammer, yang mengadopsi model man portable.

Jenis tersebut menyerang jalur komunikasi dan kendali drone lewat frekuensi.

Untuk menggunakannya relatif mudah dan tidak butuh pelatihan khusus, cukup membidik dan mengunci sasaran drone, kemudian gunner dapat menggiring drone hingga ke permukaan dan selanjutnya dapat diinvestigasi.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved