Breaking News:

Sebanyak 3.103 Anggota Komcad TNI AD Berasal dari Pelbagai Profesi, Ada Dosen Hingga Wartawan

Para anggota komcad tersebut berasal dari berbagai latar belakang. Ada yang berprofesi sebagai, wartawan, dosen, wiraswasta, dan mahasiswa

Dok. Kementerian Pertahanan
Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2021. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- 3.103 anggota komponen cadangan (Komcad) TNI AD berasal dari bermacam-macam daerah dan profesi.

Diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan Komcad di Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar), pada Kamis (7/10). Para anggota Komcad mendaftarkan diri secara sukarela, melewati seleksi pada 1-17 Juni, dan pelatihan dasar kemiliteran pada 21 Juni-18 September.

Para anggota komcad tersebut berasal dari berbagai latar belakang. Ada yang berprofesi sebagai, wartawan, dosen, wiraswasta, dan mahasiswa.

Setelah latihan selama tiga bulan di rindam masing-masing mereka akan kembali menjadi warga negara biasa.

Baca juga: Punya Ribuan Anggota, Apa Beda Pasukan Komcad dengan TNI? Bagaimana Cara Bergabung ke Komcad?

Upacara pengukuhan Komcad di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Komando Pasukan Khusus (Kopassus), di Batujajar, Bandung, Jawa Barat ,Kamis (7/10/2021).
Upacara pengukuhan Komcad di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Komando Pasukan Khusus (Kopassus), di Batujajar, Bandung, Jawa Barat ,Kamis (7/10/2021). (Tangkap layar YouTube Sekretariat Presiden)

Anggota komcad TNI AD yang berprofesi sebagai dosen di Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jawa Timur (Jatim), Arief Rachman Hakim mengaku, motivasinya mengikuti komcad sebagai bentuk pemenuhan hak dan kewajibannya selaku warga negara.

"Motivasi saya mengikuti komponen cadadangan adalah salah satu hak dan kewajiban saya sebagai warga negara untuk turut serta dalam upaya pertahanan negara sesuai dengan konstitusi kita, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD NRI) 1945," ucap Arief dikutip dari Instagram @belanegara_org, Jumat (8/10/2021).

Akun Instagram @belanegara_org, merupakan di bawah naungan Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Ditjen Pothan Kemhan).

Baca juga: SYARAT Mendaftar Komcad dan Cara Daftarnya, Klik Link komcad.kemhan.go.id, Berapa Gajinya?

Sementara itu, anggota Komcad TNI AD Aditya Aksani, yang berprofesi sebagai reporter televisi, menyatakan, dirinya tergerak mengikuti komcad guna menjaga kedaulatan negara apabila dalam kondisi genting.

"Saya melihat bahwa Indonesia memerlukan tangan-tangan baru untuk bisa menyelamatkan (negara) jika nanti sewaktu-waktu dalam keadaan genting," tutur Aditya.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved