Breaking News:

Wapres Sebut Perlu Energi Kolektif Seluruh Elemen Bangsa untuk Tanggulangi Pandemi

Wakil Presiden menegaskan hingga saat ini,  Indonesia masih terus berupaya menanggulangi pandemi Covid-19.

Penulis: Reza Deni
BPMI Setwapres
Wakil Presiden (Wapres) K.H. Maruf Amin dalam Pembukaan Kongres Nasional II Keluarga Alumni KAMMI, melalui konferensi video, Sabtu (28/08/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Maruf Amin menegaskan hingga saat ini,  Indonesia masih terus berupaya menanggulangi pandemi Covid-19.

Dia memahami dampak dari pandemi ini telah dirasakan dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari kesehatan, ekonomi, pendidikan, politik, sosial budaya, hingga kegiatan keagamaan dan peribadatan.

Dalam hal ini, pemerintah tidak dapat menghadapinya sendiri. Untuk itu, diperlukan energi kolektif yang besar dari seluruh elemen bangsa.

“Untuk bangkit dari krisis pandemi, bangsa Indonesia memerlukan energi kolektif yang besar berupa empati, kepedulian, solidaritas sosial, dan gotong-royong dari seluruh masyarakat,” kata Ma'ruf saat menghadiri secara virtual rangkaian kegiatan Kreasi Virtual Katolik Indonesia (KVKI) 2021, Sabtu (9/10/2021).

Dalam acara yang digelar oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Nasional (LP3KN) tersebut, lebih jauh Wapres menekankan, untuk mengatasi segala kesulitan akibat pandemi juga dibutuhkan dua modal penting.

“Pertama, adalah modal spiritual. Kita harus menghadapi bencana global ini dengan usaha dan doa agar kita dijauhkan dari sikap putus asa yang akan melemahkan semangat,” ujar Wapres.

Baca juga: Wapres Maruf Amin: Perlu Peran Semua Pihak Untuk Wujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Kedua, lanjut Wapres, adalah modal sosial. 

Menurutnya, ikatan persaudaraan dan solidaritas akan menguatkan, karena beban dan kesulitan dipikul bersama.

“Hal ini memerlukan kerja sama semua pihak termasuk umat Katolik sebagai bagian dari bangsa ini, serta memerlukan kesiap-siagaan semua pihak untuk bertindak bersama secara cepat dan tepat,” imbaunya.

Wapres memahami bahwa semua mengharapkan agar pandemi Covid-19 dapat segera berakhir, sehingga segala aktivitas termasuk beribadah dapat kembali seperti semula.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved