Breaking News:

Pemilu 2024

NasDem Berkomitmen Berikan Edukasi Politik ke Pemilih Milenial di Pemilu 2024

Untuk Pemilu 2024, jumlah pemilih milenial dan generasi Z diperkirakan akan meningkat menjadi sekitar 60 persen dari total suara pemilih.

Istimewa
Wakil Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Ahmad Ali, saat rapat konsolidasi Partai NasDem se-Provinsi Kepulauan Riau, Senin (16/12/2019) malam. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemilih milenial dan generasi Z diprediksi akan mendominasi suara pada Pemilu 2024.

Dari daftar pemilih tetap (DPT) pemilu serentak 2019, pemilih berusia 20 tahun mencapai 17.501.278 orang, sedangkan yang berusia 21-30 tahun sebesar 42.843.792 orang. 

Untuk Pemilu 2024, jumlah pemilih milenial dan generasi Z diperkirakan akan meningkat menjadi sekitar 60 persen dari total suara pemilih.

Dengan besarnya jumlah suara milenial, Partai NasDem pun mempunyai kewajiban untuk memberikan edukasi kepada para milenial dan generasi Z ini agar bisa berperan aktif di pemilu mendatang. 

"Kita tidak bisa menutup mata bahwa menghadapi tahun 2024 ada kelompok pemilih pemula yang hari ini jumlahnya begitu besar," kata Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali di sela-sela Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) DPW Partai NasDem Bengkulu, Selasa (12/10/2021).

Kelompok ini (milenial dan generasi Z), tegas Ketua Fraksi NasDem itu, menjadi bagian dari tanggung jawab Partai NasDem untuk melakukan edukasi mengenai pentingnya peran pemuda dalam politik. 

Baca juga: Mencari Model Kepemimpinan Bagi Generasi Milenial

Tentunya, seluruh pengurus dan kader Partai NasDem harus memahami karakter mereka, karena mereka adalah kelompok apolitik. 

Milenial dan generasi Z juga tidak suka dengan retorika, tapi melihat kepada hal-hal yang nyata dan rasional. 

Pemahaman dan pengetahuan ini menjadi modal bagi seluruh pengurus Partai NasDem.

Karenanya, dalam setiap Rakorwil selalu menjadi salah satu materinya adalah bagaimana masuk, merangkul dan mengedukasi kaum milenial

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved