Breaking News:

Bantu Pembelajaran Daring SDN 4 Jagabaya, Grid Network Kompas Gramedia Donasikan Bantuan Pendidikan

Kompas Gramedia melalui Grid Network menginisiasi kegiatan sosial sebagai bentuk tanggung jawab sosial Perusahaan/CSR dalam bantuan pendidikan

Editor: Content Writer
Istimewa
Penyerahan bantuan dari CSR KG kepada perwakilan guru SDN Jagabaya 04, Kecamatan Parung Panjang 

TRIBUNNEWS.COM - Pandemi membuat berbagai tatanan kehidupan berubah, termasuk dalam bidang pendidikan. Pemerintah membuat kebijakan baru tentang sistem pembelajaran daring demi memutus dan mencegah rantai penyebaran Covid-19 di sekolah-sekolah. Tentunya kebijakan ini membuat pihak sekolah harus beradaptasi menyediakan fasilitas akses pembelajaran daring. 

Sayangnya, beberapa sekolah memiliki keterbatasan dalam sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan belajar, terutama sekolah-sekolah yang berada jauh dari pusat kota. Belum lagi masalah minimnya kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu mengelola perangkat sistem pembelajaran daring di sekolah. 

Melihat hal ini, Kompas Gramedia melalui Grid Network menginisiasi kegiatan kontribusi sosial sebagai bentuk tanggung jawab sosial Perusahaan/CSR (Corporate Social Responsibility) berupa bantuan pendidikan untuk membantu sekolah yang mengalami kesulitan akses pembelajaran daring, salah satunya di SDN Jagabaya 04, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor.

Pada Kamis, 14 Oktober 2021, Kompas Gramedia melalui Grid Network mengunjungi SDN Jagabaya 04 untuk memberikan bantuan berupa 4 unit perangkat komputer demi menunjang jalannya pembelajaran daring di sekolah ini. Tentu, niat tersebut disambut baik oleh sekolah dengan 161 murid dan 7 tenaga pendidik ini. “Kondisi pandemi yang berlarut-larut membuat kita harus belajar secara daring. Sedangkan, di sini masih kurang sekali kapasitas alat dan jaringannya. Apalagi, sekarang ada kewajiban ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Untuk itu, kami berterima kasih yang luar biasa pada Kompas Gramedia karena sudah membantu sekolah kami dalam menyediakan hal penting ini,” ujar Muslih, Spd., Kepala Sekolah SDN Jagabaya 04.

Tak sampai di situ, Tim Teknologi Informasi dari Grid Network Kompas Gramedia pun langsung melakukan pemasangan perangkat komputer di salah satu ruangan sekolah yang disulap menjadi laboratorium komputer. Pemasangan dilakukan sampai semua perangkat bisa digunakan secara optimal oleh anak-anak nantinya. Perlu diketahui, ruangan komputer ini biasanya digunakan untuk simulasi ANBK siswa kelas 5, yang bergantian per tujuh siswa, setiap satu jam. 

Sebelumnya, anak-anak tidak secara langsung belajar menggunakan komputer, melainkan melihat melalui layar proyektor yang dioperasikan guru.  “Tadi saya sempat ngobrol dengan anak-anak, mereka semua tepuk tangan. Mereka senang bahwa akan bisa belajar komputer. Sedih dan haru juga melihatnya. Mereka ini punya harapan untuk maju, dan kami juga mau maju secara bertahap untuk menyediakan fasilitasnya,” ungkap Muslih.  

Tak hanya mendukung pembelajaran daring, Kompas Gramedia melalui Grid Network juga memberikan 215 paket buku bacaan. “Selain komputer yang diharapkan bisa membantu anak-anak belajar secara daring, kami juga memberikan majalah dan buku-buku. Ada majalah Bobo dan majalah Mombi yang bisa diberikan untuk menarik minat membaca dan belajar anak-anak SD  di sini,” ujar Petrus Teguh Wiarso, GA-IT-Procurement Manager Grid Network. Satu cerita menarik, salah satu anak didik di SDN 04 Jagabaya pernah menciptakan alat pendeteksi banjir dengan membaca buku dari Kompas Gramedia.

“Anak didik kami ada yang sudah menciptakan alat dan media untuk pembelajaran. Salah satunya yang diciptakan oleh anak SDN Jagabaya 04 adalah alat pendeteksi datangnya banjir. Ya, memang dari membaca buku itulah mereka memiliki pengalaman. Apalagi, ditunjang dengan teknologi yang baik. Semoga bantuan atau sumbangsih dari Kompas Gramedia ini menjadi sarana yang meningkatkan mutu dan kualitas anak-anak bangsa, khususnya di SDN 04 Jagabaya,” pungkas Supriatna, Pengawas dan Pembina Gugus Jagabaya dan Gorowong dalam kesempatan yang sama.(*)

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved