Breaking News:

Presiden Jokowi: Umat Hindu Selalu Menjaga Persaudaraan dan Keharmonisan

Presiden Joko Widodo mengungkapkan kebahagiaannya dapat membuka acara Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional ke-14 tahun 2021.

Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden
Jokowi Sebut Indonesia akan Jadi Negara Ekonomi 4 Besar Dunia, Minta BUMN Berikan Profesionalisme Kerjanya (Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden) Jumat, 16/10/2021 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengungkapkan kebahagiaannya dapat membuka acara Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional ke-14 tahun 2021.

Menurut Jokowi, acara ini dapat menanamkan nilai luhur bagi umat Hindu.

"Festival Utsawa Dharma Gita ini sangat penting untuk memperkuat literasi, meningkatkan pemahaman akan ajaran suci Weda, menanamkan nilai-nilai luhur, dan mengajarkan moderasi beragama agar semakin cerdas dan berintegritas," ujar Jokowi dalam sambutan virtualnya, Minggu (17/10/2021).

Jokowi mengaku senang para peserta Utsawa Dharmagita menyaksikan para peserta menggunakan pakaian adat dari daerahnya masing-masing.

Baca juga: Pernah Jadi Timses Jokowi, Penunjukan Juri Ardiantoro Jadi Ketua Pansel KPU-Bawaslu Disebut Tak Pas

Hal tersebut, menurut Jokowi, menjadikan acara ini bukan hanya festival keagamaan, tapi juga festival keragaman budaya nusantara.

Festival ini, kata Jokowi, menghormati perbedaan dan keragaman, menguatkan pondasi persatuan yang hidup di atas kebhinekaan.

"Saya tahu umat Hindu selalu memegang teguh ajaran yang menekankan pentingnya persaudaraan, menjaga keharmonisan dan senantiasa bergotong-royong sebagai jalan menuju kebahagiaan yang abadi," kata Jokowi.

Jokowi mengapresiasi acara yang dilakukan secara virtual ini. Menurutnya, acara ini memberikan contoh yang baik bagi masyarakat untuk selalu disiplin menjalankan protokol sehat, untuk menjaga diri kita dan orang lain agar tetap sehat.

Dirjen Bimas Hindu, Tri Handoko Seto menyampaikan UDG XIV tahun ini diikuti oleh 587 peserta dari 31 provinsi yang akan memperebutkan 25 kejuaraan lomba dari tujuh jenis lomba.

“Setelah melalui proses penjurian, malam penganugerahan UDG XIV akan berlangsung pada hari Kamis mendatang,” ungkap Tri Handoko.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved