Breaking News:

BMKG Keluarkan Peringatan Fenomena La Nina Hingga Februari 2022, Waspadai Bencana Hidrometeorologi

Fenomena La Nina akan muncul menjelang akhir tahun 2021 dengan intensitas lemah hingga moderat atau sedang.

Editor: Dewi Agustina
QUASAREX
La Nina 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan terkait munculnya fenomena La Nina di wilayah Indonesia.

Fenomena La Nina tersebut akan muncul menjelang akhir tahun 2021 dengan intensitas lemah hingga moderat atau sedang.

"Kondisi ini terus berkembang dan kami monitor kita harus segera bersiap datangnya La Nina seperti tahun lalu, La Nina menjelang akhir tahun ini terjadi dengan intensitas lemah hingga moderat atau sedang hingga Februari 2022, namun tentunya perkembangan terus dimonitor," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat jumpa pers virtual, Senin (18/10/2021).

Dwikorita menjelaskan bahwa BMKG melakukan monitoring suhu muka air permukaan laut di Samudera Pasifik bagiam timur dan tengah.

Dalam pemantauan terjadi anomali suhu muka air laut antara Samudera Pasifik bagian timur dan tengah dibandingkan dengan wilayah perairan Indonesia.

Nilai anomali suhunya kata Dwikorita telah melewati ambang batas La Nina yakni sebesar minus 0,61 pada dasarian kesatu bulan Oktober 2021 yang seharusnya ambang batasnya 0,5.

"Kondisi ini berpotensi terus berkembang dan terus akan kami monitor. Oleh karena itu kita harus segera bersiap menghadapi adanya atau datangnya La Nina seperti tahun lalu," ujar Dwikorita.

Dari kejadian La Nina tahun 2020 lalu lanjut Dwikorita hasil kajian BMKG menunjukkan bahwa curah hujan meningkat pada bulan November, Desember, Januari terutama Sumatera bagian selatan, Jawa Bali hingga NTT, Kalimantan bagian Selatan, dan Sulawaesi bagian selatan.

Curah hujan meningkat berkisar antara 20-70 persen di atas normalnya.

"La Nina tahun ini dampaknya relatif sama dengan tahun lalu yang diikuti dengan berbagai bencana hidrometeorologi secara sporadis di wilayah terdampak," kata Dwikorita.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved