Breaking News:

Sejumlah Wilayah di Indonesia Mulai Memasuki Musim Hujan, Jambi hingga Jawa Tengah Bagian Barat

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) menyampaikan, sejumlah wilayah di Indonesia telah memasuki musim hujan.

Editor: Miftah
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Warga berjalan saat turun hujan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (6/10/2021). Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengungkapkan, intensitas hujan akan meningkat pada bulan Oktober dan akan mencapai puncaknya pada bulan Januari dan Februari 2022. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) menyampaikan, sejumlah wilayah di Indonesia telah memasuki musim hujan.

BMKG telah melakukan pengamatan data dari jejaring stasiun pengamatan hujan BMKG di seluruh wilayah Indonesia hingga Dasarian I (sepuluh hari pertama) Oktober 2021.

Data tersebut menunjukkan hasil monitoring perkembangan musim hujan tahun 2021/2022 bahwa 19,3% wilayah zona musim di Indonesia telah memasuki musim hujan.

Beberapa zona musim Indonesia yang telah mengalami musim hujan tersebut meliputi wilayah Aceh bagian tengah, Sumatra Utara, sebagian besar Riau, Sumatra Barat, Jambi, sebagian besar Sumatera Selatan, Lampung bagian barat.

Kemudian di Jawa yakni Banten bagian timur, Jawa Barat bagian selatan, Jawa Tengah bagian barat, sebagian kecil Jawa Timur bagian selatan.

Lalu di sebagian Bali, Kalimantan Utara, sebagian besar Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan bagian selatan dan timur, Kalimantan tengah bagian timur, Pulau Taliabu, dan Pulau Seram bagian selatan.

Baca juga: BMKG Ingatkan Datangnya La Nina Jelang Akhir Tahun 2021, Minta Masyarakat Waspada

Baca juga: Kepala BNPB Tekankan Pentingnya Pelestarian Alam Sekitar DAS untuk Cegah Bencana Alam

Menurut BMKG, hal tersebut menunjukkan kesesuaian dengan prediksi prakiraan awal musim hujan 2021/2022 BMKG yang disampaikan pada Agustus lalu.

Saat itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan, awal musim hujan di wilayah Indonesia, akan maju lebih dini mulai Oktober.

BMKG juga telah memprakirakan bahwa sebagian wilayah Indonesia yang akan memasuki periode Musim Hujan mulai Oktober ini, meliputi wilayah Aceh bagian timur, Riau bagian tenggara, Jambi bagian barat, Sumatra Selatan bagian tenggara, Bangka Belitung, Banten bagian barat, Jawa Barat bagian tengah, Jawa Tengah bagian barat dan tengah, sebagian DI Yogyakarta dan sebagian kecil Jawa Timur, Kalimantan Tengah bagian timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Sedangkan beberapa wilayah Indonesia lainnya, akan memasuki musim hujan pada bulan November hingga Desember 2021 secara bertahap dalam waktu yang tidak bersamaan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved