Breaking News:

Hari Santri Nasional

Peringati Hari Santri, NU Care-LAZISNU dan Bank Mega Syariah Salurkan Bantuan Pendidikan

sumber dana berasal dari zakat korporasi Bank Mega Syariah yang pada tahun 2021 ini, total dana zakat yang disalurkan sebesar Rp 4,3 miliar.

Editor: Husein Sanusi
NU Care Lazisnu/Junaidi
Bantuan pendidikan untuk santri. 

TRIBUNNEWS.COM - Pengurus Pusat (PP) NU Care-LAZISNU bekerja sama dengan Bank Mega Syariah menyalurkan bantuan pendidikan untuk siswa duafa jenjang SD sampai SMA. Beasiswa ini disalurkan bagi 200 siswa duafa yang berada di wilayah Jabodetabek.

“Alhamdulillah, kami telah menyalurkan beasiswa untuk pelajar SD, SMP dan SMA. Ini berkat kerja sama dengan Bank Mega Syariah,” ungkap Dewan Pengawas Syariah PP NU Care-LAZISNU, Achmad Sudrajat.

Sudrajat menjelaskan, sumber dana berasal dari zakat korporasi Bank Mega Syariah yang pada tahun 2021 ini, total dana zakat yang disalurkan sebesar Rp 4,3 miliar.

“Meningkat dari dana zakat tahun sebelumnya sebesar Rp 1,65 miliar,” imbuhnya.

Penyaluran bantuan pendidikan pun dilangsungkan secara berkala di beberapa titik. Di Tangerang Selatan, penyerahan bantuan dilaksanakan bertepatan dengan momen Hari Santri Nasional 2021, di Pondok Pesantren Madinatunnajah, pada Jumat (22/10/2021).

“Alhamdulillah, dalam rangka memperingati Hari Santri tahun ini, kami dapat menyalurkan bantuan pendidikan bagi santri atau siswa duafa yang membutuhkan bantuan, hasil dari kerja sama NU Care-LAZISNU Pusat dan Bank Mega Syariah,” ucap Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tangerang Selatan, KH Abdullan Mas’ud, yang didampingi Kepala Kemenag Tangerang Selatan dan pengurus dari NU Care-LAZISNU Tangsel.

Salah seorang penerima bantuan, Sri Mulyati, mengatakan bahwa di tengah pandemi dengan adanya bantuan pendidikan itu sangat berarti dan dinanti.

“Terima kasih kami ucapkan kepada LAZISNU dan Bank Mega Syariah. Ini sangat bermanfaat sekali buat kami, tentunya dengan adanya bantuan ini kami sangat terbantu,” kata Sri Mulyati.

Corporate Secretary Division Head Bank Mega Syariah, Ratna Wahyuni, berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban finansial orang tua dan menambah semangat siswa untuk terus belajar.

“Kami menyadari pandemi Covid-19 sangat berdampak kepada masyarakat duafa, untuk itu kami berharap bantuan ini dapat sedikit meringankan beban finansial dan tentunya menambah semangat para pelajar ini untuk terus menuntut ilmu dengan baik,” ujar Ratna.

Ratna menambahkan, pemberian beasiswa tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan perayaan Milad Bank Mega Syariah yang ke-17, yang mengedepankan kegiatan sosial sebagai wujud kepedulian dan peran serta dalam menanggulangi dampak pandemi Covid-19 pada masyarakat.

Peningkatan jumlah dana zakat ini seiring dengan peningkatan kinerja Bank Mega Syariah di tahun 2020 yang ditandai dengan peningkatan laba sebelum zakat dan pajak penghasilan menjadi Rp 173,32 miliar atau meningkat 161,8 persen.

Pencapaian yang luar biasa tersebut didukung dengan peningkatan aset yang meningkat 101,28 persen menjadi Rp 16,12 triliun.

Kinerja ini membuat Bank Mega Syariah mendapatkan berbagai penghargaan, di antaranya The Best Sharia Bank dari Iconomics Syariah Award 2021 dan beberapa penghargaan lain.

Bank Mega Syariah terus mencatatkan kinerja positif per Juni 2021, dengan aset yang mengalami pertumbuhan (year on year) sebesar 107,9 persen, DPK tumbuh (yoy) 44,58 persen dan pertumbuhan (yoy) laba sebelum pajak sebesar 647 persen.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved