Breaking News:

Profil 4 Tokoh yang Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Ada Sultan hingga Sutradara Film

Sebanyak 4 tokoh Indonesia akan menerima penghargaan sebagai pahlawan nasional pada 10 November 2021 nanti.

(Tangkap layar diskominfo.kaltimprov.go.id)
Sultan Aji Muhammad Idris. (Tangkap layar diskominfo.kaltimprov.go.id) 

TRIBUNNEWS.COM - Sebanyak 4 tokoh Indonesia akan menerima penghargaan sebagai Pahlawan Nasional pada 10 November 2021 nanti.

Hal tersebut dibenarkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan sekaligus Ketua Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan Mahfud MD serta Sekretaris Militer Presiden sekaligus Sekretaris Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan Marsekal Muda TNI Mohamad Tony Harjono.

Empat tokoh tersebut yakni (Alm) Tombolututu, (Alm) Sultan Aji Muhammad Idris, (Alm) H Usmar Ismail, dan (Alm) Raden Arya Wangsakara.

Mahfud MD mengatakan gelar Pahlawan Nasional diberikan atas sejumlah pertimbangan di antaranya ketokohan dan juga pemerataan kedaerahan.

Mereka dinilai merupakan pejuang yang menginspirasi untuk membangun Indonesia yang merdeka dan berdaulat dan atau ikut berjuang untuk memajukan Indonesia sehingga kemerdekaan menjadi lebih bermakna bagi bangsa dan negara.

Baca juga: Mahfud MD Umumkan 4 Tokoh yang Akan Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional pada 10 November 2021

Sementara itu diberitakan Tribunnews sebelumnya, Marsekal Muda TNI Mohamad Tony Harjono menjelaskan soal asal para pahlawan nasional tersebut.

"Pertama, Almarhum Tombo Lututu. Beliau adalah tokoh dari Provinsi Sulawesi Tengah. Kedua, Almarhum Sultan Aji Muhammad Idris. Beliau adalah tokoh dari Provinsi Kalimantan Timur. Ketiga, Almarhum H. Usmar Ismail. Beliau adalah tokoh dari Provinsi DKI Jakarta. Terakhir, Almarhum Raden Arya Wangsakara. Beliau adalah tokoh dari Provinsi Banten," kata Tony.

Lantas siapakah sosok 4 tokoh tersebut? Berikut profil singkatnya:

1. Sultan Aji Muhammad Idris

Sultan Aji Muhammad Idris
Sultan Aji Muhammad Idris. (Tangkap layar diskominfo.kaltimprov.go.id)

Sultan Aji Muhammad Idris adalah Sultan ke-14 dari Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved