Breaking News:

Banyak Terjadi Kecelakaan, Pakar Transportasi: Aktifkan Direktorat Keselamatan Transportasi Darat

Pakar Transportasi, Djoko Setijowarno meminta pemerintah perlu mengaktifkan kembali Direktorat Keselamatan Transportasi Darat.

KompasTV
Kecelakan maut di Tol Nganjuk arah Surabaya, dua orang meninggal yakni Vanessa Angel dan suami, Kamis (4/11/2021). Dalam artikel mengulas tentang tanggapan Pakar Transportasi, Djoko Setijowarno terkait kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi akhir-akhir ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Kecelakaan yang kerap terjadi di jalan raya akhir-akhir ini tentu mendapatkan perhatian khusus.

Seperti kecelakaan lalu lintas di ruas Jalan Tol Cipali KM 113 pada Kamis (4/11/2021), korbannya ialah rombongan guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dalam kejadian itu, salah satu Dosen Fakultas Peternakan UGM, Prof Ir I Gede Suparta Budisatria, meninggal dunia.

Masih di hari yang sama, artis Vanessa Angel dan suaminya meninggal dunia akibat kecelakaan tunggal di ruas Tol Jombang KM 672.

Baca juga: Polres Jombang Telah Kantongi Informasi Terkait Kecelakaan Vanessa Angel dari Sopir

Menanggapi hal tersebut, Pakar Transportasi yang juga Akademisi Universitas Soegijapranata, Djoko Setijowarno, mengatakan pemerintah perlu mengaktifkan kembali Direktorat Keselamatan Transportasi Darat.

Menurutnya, Direktorat Keselamatan Transportasi Darat telah ditiadakan di Kementerian Perhubungan sejak dua tahun lalu.

"Peniadaan Direktorat tersebut berdampak pada minimnya program dan anggaran untuk keselamatan di sektor transportasi darat."

"Hal itu menunjukkan pemerintah masih kurang serius mengurusi keselamatan transportasi," tulisnya dalam rilis yang diterima Tribunnews.com, Sabtu (6/11/2021).

Lebih lanjut, ia mengatakan, Direktorat Keselamatan Transportasi Darat pernah ada di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Kemudian, ada restrukturisasi organisasi di Kementerian Perhubungan yang menyebabkan Direktorat Keselamatan Transportasi Darat dihilangkan.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved