Breaking News:

Makna Unik di Balik Nama Kakak Beradik Andika Perkasa dan Bhirawa Braja Paksa 

Ditemui Tribunnetwork, Bhirawa yang berpangkat Komisaris Besar Polisi menceritakan asal muasal nama dirinya dan sang kakak yang terbilang unik. 

Bhayangkara
Bhirawa Braja Paksa bersama sang kakak yakni Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jenderal Andika Perkasa telah resmi menjabat sebagai Panglima TNI. Namun cerita mengenai Andika tak berhenti disitu, setelahnya muncul banyak pemberitaan bahwa ada adik Andika yang berkarir di kepolisian. 

Ternyata, adik bungsu Andika kini tengah menjabat sebagai Kabid Propam Polda Metro Jaya. Namanya adalah Bhirawa Braja Paksa

Ditemui Tribunnetwork, Bhirawa yang berpangkat Komisaris Besar Polisi menceritakan asal muasal nama dirinya dan sang kakak yang terbilang unik. 

Nama dirinya Bhirawa Braja Paksa dan nama sang kakak Andika Perkasa ternyata berasal dari bahasa Sansekerta atau Jawa Kuno. 

Sang ayah yang merupakan pensiun ABRI bernama Kolonel Czi (Purn) FX Soenarto adalah orang yang menyematkan nama tersebut.

Baca juga: Marsekal Hadi Tjahjanto Serahkan Panji TNI Tri Dharma Eka Karma Kepada Jenderal Andika Perkasa

"(Itu bahasa) Sansekerta, itu dari ayah saya," ujar Bhirawa, saat diwawancarai khusus Tribunnetwork, di ruang kerjanya, di Gedung Promoter, Lantai 18, Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (19/11/2021).

Berdasarkan penjelasan sang ayah, Andika memiliki arti 'kamu', Perkasa tetap berarti 'perkasa'. Sehingga nama sang kakak memiliki arti secara keseluruhan 'Kamu Perkasa'. 

Sementara Bhirawa berarti 'pasukan', Braja berarti 'besi baja' atau metal yang kuat, dan Paksa berarti 'dorongan'.

"Dulu saya juga nanya ke ayah saya, namanya kok berat banget gitu. Waktu kecil bertanya-tanya apa nih Bhirawa," ucapnya. 

"Menurut ayah saya secara keseluruhan ya pasukan yang mendorong sekuat tenaga dengan usaha dan mental baja. Arti secara harafiahnya itu," tambah Bhirawa. (Tribunnetwork/Vincentius Jyestha)

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved