Breaking News:

Virus Corona

Rencana PPKM Level 3 se-Indonesia saat Nataru, PKS Minta Edukasi dan Sosialisasi Didahulukan

Legislator PKS, Mardani Ali Sera mengatakan, selama libur Nataru, pemerintah bisa sosialisasi bagaimana menikmati liburan berkualitas di rumah.

Penulis: Reza Deni
Tribunnews.com, Chaerul Umam
Legislator PKS, Mardani Ali Sera. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Legislator PKS, Mardani Ali Sera menanggapi soal rencana pemerintah yang akan memberlakukan PPKM Level 3 di seluruh wilayah Indonesia saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Menurutnya, semua pihak wajib berhati-hati dan menjaga agar kasus Covid-19 tetap terkendali.

"Semua kebijakan mesti berbasis sains dan pengetahuan ilmiah. Jangan gunakan pendekatan hukum kriminal untuk para pelanggar," katanya kepada wartawan, Sabtu (20/11/2021).

Mardani menyebut edukasi dan sosialisasi harus didahulukan ketimbang pendekatan hukum.

Baca juga: Menko PMK Tegaskan Penerapan PPKM Level 3 Saat Liburan Nataru Disertai dengan Kewajiban Vaksin

Lebih lanjut, ia mengatakan, selama libur Nataru, pemerintah bisa sosialisasi bagaimana menikmati liburan berkualitas di rumah.

"Pemerintah bisa bekerja sama dengan stasiun TV, radio agar ada program menarik yang membuat masyarakat mau tetap di rumah," tandasnya.

Sebelumnya, sebagai upaya mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19, pemerintah berencana menerapkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh wilayah Indonesia selama masa libur Nataru 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Merespons hal itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito menuturkan, pemerintah tengah menggodok kebijakan dalam bentuk Instruksi Dalam Negeri (Inmendagri).

Ia menuturkan, kebijakan yang diterapkan pemerintah sangatlah memperhatikan prinsip kehati-hatian, agar menghasilkan kebijakan yang efektif.

Baca juga: PPKM Level 3 di Libur Nataru, Komunitas Warteg Nusantara Pertanyakan Fungsi Vaksinasi Covid-19

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved