Breaking News:

BMKG Peringatkan Malam Ini Akan Terjadi Badai Tropis Teratai di Sumatera Selatan Hingga Pulau Jawa 

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memperingatkan akan terjadi Badai Tropis Teratai di sejumlah wilayah di Indonesia malam ini.

Penulis: Gita Irawan
Pixabay
Ilustrasi hujan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memperingatkan akan terjadi Badai Tropis Teratai di sejumlah wilayah di Indonesia malam ini.

Dwikorita menjelaskan berdasarkan analisis perkembangan bibit siklon, bibit siklon 92 S yang akan menjadi Badai Tropis Teratai dalam beberapa jam ke depan tersebut mengalami peningkatan intensitas.

Berdasarkan analisis per hari ini, kata dia, sekira pukul 16.00 WIB  Bibit Siklon 92 S posisinya sudah berada di sekitar Samudera Hindia Barat Daya Lampung, tepatnya di posisi 9° Lintang Selatan dan 103° Bujur Timur.

Menurut analisis prediksi BMKG, kata dia, dalam waktu tiga jam bibit siklon tersebut akan semakin menguat dan akan lahir menjadi Badai Tropis Teratai.

Baca juga: Kepala BMKG Peringatkan akan Potensi Tsunami hingga Badai Tropis saat Libur Natal dan Tahun Baru

Saat ini, kata dia, sistem bibit siklon 92S yang akan segera lahir menjadi siklon saat ini kecepatannya mencapai 56 Km/Jam dengan tekanan udara minimum di sekitar pusatnya mencapai 1.006 hPa.

Diprediksi, lanjut dia, kecepatan angin tersebut akan meningkat menjadi 35 knot atau 65 km/jam dalam tiga jam ke depan.

Sistem bibit siklon tersebut, kata dia, berpeluang tinggi membentuk Badai Tropis Teratai dengan arah pergerakan ke arah tenggara-selatan menjauhi wilayah Indonesia.

"Bibit siklon 92S yang akan berkembang menjadi siklon tropis teratai per hari ini diprediksi sekitar pukul 19.00 WIB atau 20.00 WIB," kata Dwikorita saat konferensi pers pada Rabu (1/12/2021).

Ia menjelaskan Badai Tropis Teratai tersebut akan berdampak ke sejumlah wilayah di Indonesia.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved