Breaking News:

TB Hasanuddin: Operasi Teritorial yang Akan Dilakukan Panglima TNI di Papua Akan Berdampak Positif

TB Hasanuddin menilai rencana operasi teritorial yang kan dilakukan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Papua akan berdampak positif.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Chaerul Umam/Tribunnews.com
Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan TB Hasanuddin. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin menilai rencana operasi teritorial yang kan dilakukan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Papua akan berdampak positif.

Menurut dia, pada dasarnya operasi teritorial adalah operasi khas TNI untuk merangkul masyarakat dalam membangun infrastruktur di daerahnya bersama TNI.

"Tentu ada nilai positif, ada timbal balik kecintaan rakyat Papua dengan negaranya. Dan ini jauh dari upaya separatisme," ujar TB Hasanuddin dalam Webinar Bertajuk Keamanan Manusia di Papua yang disiarkan di kanal Youtube Imparsial Indonesia, Kamis (2/12/2021).

Menurut dia, kekerasan tidak bisa diselesaikan dengan cara kekerasan.

Baca juga: Panglima TNI Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi di Lanud Silas Papare

Sehingga, dibutuhkan upaya yang lebih mengedepankan hati.

"Yang penting itu pengertian dari hati ke hati. Kalau kemudian kekerasan dilawan dengan kekerasan hanya akan melahirkan kekerasan dan korban yang tidak terhitung dan tidak akan menyelesaikan masalah," kata dia.

Ia menyambut baik rencana yang disampaikan Jenderal Andika Perkasa kepada DPR saat fit and proper test Calon Panglima TNI terkait pendekatan penanganan situasi di Papua.

Baca juga: Bertemu Panglima TNI, Bamsoet Dukung Kebijakan Panglima TNI di Papua

Selain itu, menurutnya pemikiran-pemikiran Andika yang sudah disampaikan kepada Menkopolhukam Mahfud MD terkait penanganan situasi di Papua tergolong moderat dan harus terus didorong.

"Ini sebuah sinar, menurut hemat saya, yang mulai terang. Kita dorong saja bersama-sama, dari publik, dari masyarakat untuk terus membangun kepercayaan seperti ini untuk menciptakan Papua yang damai bermartabat dan sejahtera," kata Hasanuddin.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved