Breaking News:

KPK Sebut Berkas Perkara Adik Eks Bupati Lampung Utara Dinyatakan Lengkap

KPK menyebutkan berkas perkara adik eks Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara, Akbar Tandaniria Mangkunegara telah P21 atau lengkap.

Editor: Adi Suhendi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
ASN Lampung Utara, Akbar Tandaniria Mangkunegara mengenakan rompi tahanan usai ditetapkan sebagai tersangka di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (15/10/2021). Akbar Tandaniria Mangku Negara ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana korupsi terkait dugaan penerimaan gratifikasi di Pemerintah Lampung Utara tahun 2015-2019. Perkara ini adalah perkara pengembangan dimana sebelumnya KPK juga telah menetapkan 2 orang tersangka yakni Agung Ilmu Mangkunegara (Bupati Kabupaten Lampung Utara periode 2014-2019) dan Syahbudin (Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lampung Utara). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan berkas perkara adik eks Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara, Akbar Tandaniria Mangkunegara (ATMN) telah P21 atau lengkap.

Akbar merupakan tersangka perkara dugaan penerimaan gratifikasi di Pemerintah Kabupaten Lampung Utara.

"Kamis (9/12/2021) bertempat di Rutan Klas I Bandar Lampung, tim jaksa menerima penyerahan tersangka ATMN dan barang bukti dari tim penyidik karena berkas perkaranya telah dinyatakan lengkap oleh tim jaksa," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya.

Ali mengatakan penahanan Akbar dilanjutkan oleh tim jaksa untuk waktu 20 hari, mulai 9 Desember 2021 hingga 28 Desember 2021 di Rutan Kelas I Bandar Lampung.

Kata dia, persidangan diagendakan di Pengadilan Tipikor Tanjung Karang, Bandar Lampung.

"Berikutnya dalam waktu 14 hari kerja, tim jaksa menyusun surat dakwaan dan kemudian melimpahkan berkas perkaranya ke Pengadilan Tipikor," kata Ali.

Baca juga: KPK Selisik Asal Usul Aset Eks Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara dan Adiknya

Kasus dugaan penerimaan gratifikasi Akbar Tandaniria Mangkunegara adalah perkara pengembangan di mana sebelumnya KPK telah menetapkan dua orang sebagai tersangka, yaitu Agung Ilmu Mangkunegara dan Syahbudin.

Perkara keduanya telah diputus oleh Pengadilan Tipikor dan telah berkekuatan hukum tetap.

Konstruksi perkaranya, berawal dari tersangka Akbar Tandaniria Mangkunegara sebagai representasi atau perwakilan dari Agung Ilmu Mangkunegara selaku Bupati Kabupaten Lampung Utara periode 2014-2019.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved