Politikus PKS Heran Pemerintah Masih Impor Produk Alat Kesehatan

Politikus PKS Mulyanto meminta pemerintah memprioritaskan penggunaan alat kesehatan (alkes) buatan dalam negeri dalam penanggulangan Covid-19.

Penulis: chaerul umam
Editor: Adi Suhendi
Azka/man (dpr.go.id)
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS Mulyanto meminta pemerintah memprioritaskan penggunaan alat kesehatan (alkes) buatan dalam negeri dalam penanggulangan Covid-19.

Menurut Mulyanto, seharusnya pemerintah membatasi penggunaan alkes impor agar industri alkes dalam negeri tidak terganggu.

"Dalam menanggulangi Covid-19 ini sebisa mungkin Pemerintah dapat mensinergikan berbagai kepentingan. Sambil menanggulangi Covid-19, Pemerintah diharapkan dapat mendorong industri terkait tumbuh menggerakan roda perekonomian nasional. Agar anggaran negara bisa lebih efisien dan berdampak luas," kata Mulyanto kepada wartawan, Minggu (12/12/2021).

Hal itu disampaikan Mulyanto sekaligus menanggapi aksi unjuk rasa ribuan karyawan PT Taishan Alkes Indonesia yang meminta pihak Kementerian Kesehatan menyetop pembelian alat–alat kesehatan dari luar negeri atau impor.

Pihak PT Taishan Alkes Indonesia menginformasikan saat ini tersedia 30 juta unit alat swab antigen menumpuk di gudangnya yang tidak terserap pasar karena pemerintah tidak membatasi kuota impor alkes.

Baca juga: Masuki Pasar Alkes Indonesia, Perusahaan Biotech Korea Garap Market Implan Tulang

Padahal PT Taishan Alkes Indonesia merupakan produsen alkes dengan kandungan lokal tinggi.

"Berapa puluh triliun devisa kita terkuras untuk membeli produk impor swab antigen, sementara produk domestik hasil karya anak bangsa dianggurkan tidak terjual. Ini kan sebuah paradoks yang kasat mata," ucapnya.

"Pemerintah harus dapat menjelaskan kepada publik kenapa hal yang janggal kontradiktif seperti ini dapat terjadi," lanjutnya.

Mulyanto khawatir kondisi ini akan menimpa produk Vaksin Merah Putih, karya inovasi anak bangsa yang segera diluncurkan.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved