Pembelajaran Tatap Muka

Usulan PJJ Ditolak Pemerintah Pusat, DKI Jakarta Terapkan PTM 50 Persen Mulai Hari Ini

Pemprov DKI telah mengusulkan penggantian pelaksanaan PTM 100 persen menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Tribunnews/JEPRIMA
Ilustrasi pelaksanaan PTM | Siswa mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SDN Cipinang Melayu 05, Jakarta Timur, Senin (3/1/2022). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan kapasitas 100 persen di seluruh sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Proses PTM 100 persen murid setiap kelas ini sudah diberlakukan seperti belajar mengajar umumnya sebelum ada pandemi Covid-19. Hanya saja, waktu proses belajar mengajar kali ini masih dibatasi. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS. COM - Pemprov DKI telah mengusulkan penggantian pelaksanaan PTM 100 persen menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Usulan tersebut sebelumnya diungkapkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dipilihnya PJJ untuk menggantikan PTM 100 persen di Jakarta dilakukan karena kondisi kasus Covid-19 di Jakarta yang terus meningkat.

Ditambah lagi dengan anya varian Omicron yang memiliki tingkat penularan lebih tinggi dibandingkan dengan varian lainnya.

Baca juga: Kemdikbud: Kasus Covid-19 Meningkat, PTM Terbatas 50 Persen untuk Daerah PPKM Level 2

Namun nyatanya setelah merundingkan usulan tersebut, pemerintah pusat menolak usulan PJJ ini.

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, pemerintah pusat memutuskan untuk mengganti PTM 100 persen menjadi PTM 50 persen.

"PTM 50 persen seperti yang sudah disampaikan. Sebelumnya, kami ingin mengusulkan PTM 100 persen itu selama sebulan berubah menjadi PJJ."

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci)

Baca juga: Kasus Omicron Melonjak, P2G Minta Kepala Daerah Tak Paksakan PTM 100 Persen

"Namun demikian hasil rundingan dengan pemerintah pusat akhirnya diputuskan, sudah dapat surat, komunikasi lisan juga. Diputuskan PTM 50 persen," kata Riza dalam tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Jumat (4/2/2022).

Riza menambahkan, PTM 50 persen ini akan berlaku di Jakarta mulai hari ini Jumat (4/2/2022).

"Kita akan coba dulu. Mulai Jumat (4/2/2022)," imbuhnya.

Baca juga: DAFTAR Daerah PPKM Level 2 Jawa-Bali, Kini Boleh Gelar PTM 50 Persen

Luhut Tolak Hentikan PTM di DKI Jakarta

Diwartakan Tribunnews.com sebelumnya, Juru Bicara Luhut, Jodi Mahardi, mengatakan pemerintah pusat tak bisa menghentikan PTM terbatas. Menurut dia, pelaksanaan PTM penting bagi pendidikan siswa.

"Jika sektor lainnya bisa dibuka pemerintah daerah secara maksimal, maka kami harapkan PTM terbatas dapat juga diperlakukan sama, karena pendidikan memiliki tingkat urgensi yang sama pentingnya," kata Jodi saat dihubungi, Kamis (3/2).

Jodi mengatakan, pemerintah pusat sebetulnya mendukung segala inisiatif yang diajukan oleh pemerintah daerah untuk menurunkan kasus positif Covid-19.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved