MotoGP Mandalika

Basarnas Siap Siaga Bantu Pelaksanaan MotoGP Mandalika

Basarnas siap siaga dalam mendukung pelaksanaan ajang balap MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Basarnas
Helikopter milik Basarnas dikerahkan untuk mendukung penyelenggaraan event MotoGP Mandalika 18-20 Maret 2022. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Basarnas siap siaga dalam mendukung pelaksanaan ajang balap MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Basarnas menyiagakan dua unit helikopter di helipad medical center dan personil di sekitar tribun penonton di Sirkuit Mandalika untuk berjaga-jaga jika terjadi insiden di arena balap tersebut.

"Kami berharap tidak terjadi insiden apapun namun kami tetap menurunkan tim siaga khusus menyiagakan dua unit helikopter dengan spek SAR dan juga personil yang kami tempatkan di posko medical center dan juga di tribun-tribun penonton untuk mengantisipasi jika ada insiden yang juga melibatkan penonton, "ujar Direktur Kesiapsiagaan Agus Haryono melalui keterangan tertulis, Minggu (20/3/2022).

"Kami siap memberikan dukungan penuh berupa pengamanan yang kita dedikasikan di tier 1 bekerja sama dengan RS jadi bersiaga kalau ada insiden di lintasan," tambah Agus.

Baca juga: Dua Helikopter Basarnas Siap Bantu Penanganan Khusus Event MotoGP Mandalika

Tidak hanya memastikan kesiapan Basarnas di arena balap, Agus juga mengatakan bahwa Basarnas turut menyiagakan personil dan sejumlah peralatan SAR air.

Langkah ini dilakukan untuk memberikan rasa aman bagi wisatawan yang sedang berwisata di kawasan Pantai Kuta Mandalika.

"Mengingat ini ajang internasional pasti banyak masyarakat setempat ataupun luar Lombok yang ingin berwisata ke Pantai Kuta," tutur Agus.

"Untuk itu perlu dipastikan juga kesiapan peralatan dan personil Basarnas atau potensi SAR setempat yang berada di Pos SAR Terpadu Kuta Mandalika Lagi-lagi kami berharap tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," pungkas Agus.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved