Mudik Lebaran 2022

Cara Isi e-HAC di Aplikasi PeduliLindungi untuk Syarat Mudik Naik Pesawat

Berikut cara mengisi electronic Health Alert Card (e-HAC) di aplikasi PeduliLindungi yang menjadi syarat perjalanan menggunakan transportasi udara.

kemkominfo.go.id
Ilustrasi Aplikasi PeduliLindungi 

TRIBUNNEWS.COM - Pengisian electronic Health Alert Card (e-HAC) menjadi syarat perjalanan menggunakan transportasi udara.

Persyaratan ini merupakan penerapan diterbitkannya Surat Edaran (SE) Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor 36 Tahun 2022 tentang Petunjuk Perjalanan Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

Dikutip dari kemkes.go.id, mulai tanggal 5 April 2022, mengisi e-HAC menjadi syarat yang harus dilakukan oleh para pemudik yang menggunakan transportasi udara.

Petugas di bandara akan memeriksa kelayakan perjalanan melalui e-HAC atau yang telah diisi oleh para pemudik sehari sebelum tanggal keberangkatan atau sebelum melakukan check-in.

Panduan Mengisi e-HAC di Aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat naik pesawat untuk mudik Lebaran 2022
Panduan Mengisi e-HAC di Aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat naik pesawat untuk mudik Lebaran 2022 (Tangkapan Layar Aplikasi PeduliLindungi)

Baca juga: Titik Nasional hingga Wisata Berpotensi Menimbulkan Kemacetan Saat Puncak Arus Mudik 29-30 April

Syarat memperoleh status kelayakan terbang

1. Pemudik dengan jenis moda transportasi udara yang telah melakukan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak diwajibkan untuk melakukan tes, baik antigen maupun RT-PCR untuk memenuhi syarat kelayakan terbang. e-HAC akan menilai kelayakan terbang berdasarkan hasil tes tersebut.

2. Pemudik yang sudah melakukan vaksinasi primer hingga dosis kedua, diwajibkan untuk melengkapi syarat mudik dengan keterangan hasil negatif tes antigen maksimal 1×24 jam atau tes RT-PCR maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

3. Pemudik yang baru vaksinasi satu kali, diwajibkan untuk menunjukkan dokumen hasil tes RT-PCR maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

4. Pemudik dengan komorbid (penyakit penyerta) yang tidak dapat melakukan vaksinasi harus menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil tes RT-PCR maksimal 3×24 jam.

Aturan pengisian e-HAC ini tidak diwajibkan bagi anak berusia 6 tahun ke bawah yang dibebaskan dari syarat vaksinasi dan tidak wajib melakukan tes antigen atau RT-PCR sebagai syarat perjalanan.

Baca juga: Cara Pesan Tiket Bus DAMRI untuk Mudik, Ini Syaratnya

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved