13.880 Siswa Indonesia Pilih Australia Sebagai Negara Tujuan Studi Luar Negeri

Dari 53.604 siswa Indonesia yang studi di luar negeri, sebanyak 13.880 memilih Australia sebagai negara tujuan studi diikuti oleh Malaysia dan Amerika

Freepik
Ilustrasi beasiswa 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Global Flow of Tertiary-Level Students yang dikeluarkan Unesco Institute for Statistics 2021 menunjukan bahwa Australia masih menjadi tujuan favorit para siswa Indonesia tempuh pendidikan tinggi mereka di luar negeri.

Dari 53.604 siswa Indonesia yang studi di luar negeri, sebanyak 13.880 memilih Australia sebagai negara tujuan studi diikuti oleh Malaysia dan Amerika di posisi ketiga.

"Australia juga merupakan satu dari 10 negara terbaik dalam hal kualitas hidup dan melanjutkan pendidikan berdasarkan U.S. News and World Report's 2021," ujar USG Education Head of Academics Ario Muliawan melalui keterangan tertulis, Jumat (13/5/2022).

Sistem pendidikan di Australia berada di jajaran terdepan dalam hal kualitas, reputasi dan profesionalitas.

Baca juga: Pelajar Sekolah Bahasa Jepang di Indonesia Berkesempatan Raih Beasiswa & Cash Back Rp 10 Juta

Banyak universitas di Australia yang masuk dalam jajaran peringkat universitas terbaik dunia, salah satunya adalah the University of New South Wales, Sydney (UNSW).

UNSW juga merupakan bagian dari Go8 (Group of Eight Australian Universities atau Kelompok 8 Universitas Australia).

Para siswa di Indonesia dapat mengikuti Program Foundation sebagai program pra-universitas yang ditujukan bagi pelajar di Indonesia mempersiapkan menuju Universitas di Australia khususnya UNSW.

Di Indonesia para siswa dapat mengikuti Program Foundation yang ditawarkan oleh Uniprep.

Program Uniprep menawarkan beberapa area studi seperti Physical Science, Commerce, Actuarial Studies, Arts & Social Sciences, serta Design & Architecture.

Baca juga: Selain Kembangkan Minat, Festival Murid Merdeka Juga Ajak Kejar Beasiswa Sejak Dini

Semua pembelajaran, kurikulum, dan standar yang ada di Uniprep sesuai dengan UNSW Foundation Year yang ada di Australia.

"Bahkan ujian semester serta proses penilaian juga dikirim dan dilakukan langsung dari Australia," jelas Ario Muliawan.

"Pembentukan kultur berpikir siswa yang independen, kreatif dan berkarakter masyarakat dunia juga dikemas dalam program UNSW Young Leaders Program yang mengacu kepada komunikasi, kepemimpinan, kemampuan bahasa Asing dan sebagainya," tambah Ario.

Demi mengikuti program Uniprep ini, para siswa dapat memilih diantara 4 lokasi kampus yang dimiliki oleh USG Education, yaitu di Pondok Indah, Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk (PIK) serta Bumi Serpong Damai (BSD).

"UNSW berdedikasi untuk membentuk para lulusan berpikiran maju yang memberikan dampak positif di dunia," ujar Business Development Manager TNE dari UNSW Global Michelle Willoughby.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved