Ibadah Haji 2022

Menteri Agama Minta Petugas Haji Beri Layanan Terbaik untuk Jemaah

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta petugas memberikan layanan terbaik kepada para jemaah haji.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
YouTube Sekretariat Presiden
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas saat menyampaikan keterangan pers terkait Persiapan Pelaksanaan Ibadah Haji 1443 H/2022 M, Selasa (17/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta petugas memberikan layanan terbaik kepada para jemaah haji.

Hal tersebut diungkapkan oleh Yaqut saat membuka Bimbingan Teknis Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Tahun 1443H/2022M di Jakarta, Selasa (17/5/2022).

"Layani jemaah haji, para tamu Allah ini dengan sebaik-baiknya," ujar Yaqut melalui keterangan tertulis, Selasa (17/5/2022).

Yaqut mengatakan ada tiga aspek penyelenggaraan haji yang harus dipegang teguh petugas, yaitu pembinaan, pelayanan, dan perlindungan jemaah.

Ketiganya, kata Yaqut, harus mampu dilaksanakan oleh jemaah secara maksimal.

"Petugas haji harus mampu melakukan inovasi dan perbaikan serta cerdas beradaptasi dengan kondisi dan mampu mengambil keputusan yang tepat dan cepat dalam satu tim yang selaras," ucap Yaqut.

Dirinya mengingatkan bahwa tahun ini adalah kali pertama jemaah dari luar Arab Saudi diperbolehkan berhaji, setelah dua tahun terdampak pandemi Covid-19.

Para jemaah, menurut Yaqut, sudah sangat menunggu momen ibadah haji pada tahun ini.

Baca juga: BPKH Siapkan Dana Rp7,5 Triliun untuk Penyelenggaraan Haji

"Pesan saya, jangan kecewakan mereka. Jadikan ibadah haji mereka tahun ini sebagai pengalaman terbaik mereka," ucap Yaqut.

"Jadikan diri kita sebagai supporting system untuk membantu para calon jemaah haji mencapai kepuasan maksimal dan mampu menjadi haji yang mabrur. Lakukan ini semaksimal mungkin," tambah Yaqut.

Pada tahun ini sebanyak 1.901 petugas akan melayani 100.051 jemaah haji selama di Arab Saudi.

Para petugas ini terdiri atas PPIH Kloter, PPIH Arab Saudi, petugas yang merupakan mahasiswa di Timur Tengah, dan Pengawas.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved