Ibadah Haji 2022

Setneg Dukung Soal Penambahan Anggaran Biaya Operasional Ibadah Haji Rp1,5 Triliun

Pratikno menanggapi soal usulan Kementerian Agama (Kemenag) terkait penambahan anggaran pelaksanaan Ibadah Haji sebesar Rp1,5 Triliun.

Penulis: Reza Deni
Tangkapan Layar Youtube DPR RI
Menteri Sekretaris Negara Pratikno. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menanggapi soal usulan Kementerian Agama (Kemenag) terkait penambahan anggaran pelaksanaan Ibadah Haji 1443 H/ 2022 M total sebesar Rp1,5 Triliun.

"Jadi kami baru saja menerima surat dari Menteri Agama mengenai adanya perubahan kebijakan di pemerintahan Arab Saudi dan juga mengenai keputusan-keputusan yang harus diambil oleh BPKH," kata Pratikno di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (2/6/2022).

Maka itu, pihaknya mendukung usulan dari Menag tersebut.

Baca juga: Fraksi Gerindra DPR Apresiasi Keputusan soal Penambahan Biaya Haji Tidak Dibebankan ke Jemaah

"Yang jelas kan jemaah haji harus berangkat tepat waktu. Tidak ada tambahan beban apapun, kita ingin mendukung ini ibadah, berjalan dengan baik masalah jemaah, beribadah dengan tenang," tandasnya.

Sebelumnya, Komisi VIII DPR menyepakati usulan tambahan anggaran yang diajukan Kementerian Agama (Kemenag) sebesar Rp 1,5 Triliun untuk biaya operasional ibadah Haji 1443H/2022M.

Tambahan anggaran disebut berasal dari dana efisiensi pelaksanaan ibadah haji tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, usai rapat kerja dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (31/5/2022).

"Kami dengan Pak Menteri Agama tadi sudah menyepakati terhadap komponen itu sebesar Rp 1,5 triliun lebih sedikit. Sudah sepakati sumbernya dari nilai manfaat dan efisiensi pelaksanaan ibadah haji tahun-tahun sebelumnya," kata Yandri.

Yandri menjelaskan tambahan biaya tersebut tidak akan dibebankan kepada jemaah Haji.

Baca juga: Biaya Haji Bengkak hingga Rp 1,5 Triliun, Anggota DPR Beri Solusi Berikut 

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved