Puan: 1.000 Hari Pertama Kehamilan, Ibu dan Anak Harus Sehat, Berikan Asupan Makanan Bergizi

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menegaskan partainya berkomitmen mengurangi masalah gizi kronis pada anak atau stunting.

Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani di acara Gebyar Inovasi Pelayanan Kesehatan, di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menegaskan partainya berkomitmen mengurangi masalah gizi kronis pada anak atau stunting.

Puan menyebut komitmen PDIP tak hanya ditunjukan lewat ucapan.

Namun bisa terlihat dari langkah partai pimpinan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menggelar Gebyar Inovasi Pelayanan Kesehatan Rakyat dalam rangkaian peringatan Bulan Bung Karno 2022.

Acara yang diikuti oleh ratusan ibu hamil akan diisi dengan penyuluhan tentang mencegah stunting hingga demo memasak sehat.

Baca juga: Saat Ibu Hamil 9 Bulan Curhat ke Puan Maharani Karena Kebobolan

Hal itu disampaikan Puan saat membuka acara Gebyar Inovasi Pelayanan Kesehatan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu (18/6/2022).

"Semuanya ini bisa hadir di sini dalam rangka acara PDI Perjuangan mengatasi stunting," kata Puan.

Mantan Menko PMK itu mengatakan dalam acara tersebut, para ibu hamil dan calon pasangan pengantin akan diberikan edukasi untuk mengonsumsi makanan yang gizi tinggi.

"Ini juga penting untuk diberikan edukasi, pembelajaran bagaimana kemudian nanti itu kalau nikah atau sudah nikah, kalau istrinya mau hamil tuh bukan asal supaya hamil aja. Ada hal-hal yang kemudian harus dipelajari yaitu 1.000 hari pertama kehamilan, ibu dan anak itu harus sehat harus makan makanan yang bergizi," papar Puan.

"Jangan sampai kemudian enggak makan makanan bergizi," tambahnya.

Puan pun membagikan pengalamannya saat berkunjung ke Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Saat itu, Puan melihat ada ibu yang masih kekurangan gizi, sehingga anak dari si ibu itu mengalami stunting.

"Ibunya kekurangan gizi, sehingga anaknya stunting. Masih bayi. saya tanya, Bu, kenapa bisa sampai kekurangan gizi? Enggak bisa makan waktu hamil, asupan gizinya kurang, muntah-muntah terus mual. ibunya kurus banget sampai tulangnya Itu kelihatan. anaknya pun kecil banget karena kekurangan gizi," kata Puan.

Tak hanya itu, Puan juga mengaku bertemu dengan anak kembar yang kekurangan gizi.

Halaman
12
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved