Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Inilah Pesan Menyentuh Almarhum Tjahjo Kumolo kepada Istrinya Erni Guntarti

Mendiang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Menpan RB Tjahjo Kumolo disebutkan ingin tutup usia ketika menjalankan tugas

KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reforrmasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo. Inilah Pesan Menyentuh Almarhum Tjahjo Kumolo kepada Istrinya Erni Guntarti 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mendiang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Menpan RB Tjahjo Kumolo disebutkan ingin tutup usia ketika menjalankan tugas.

Hal itu diungkapkan istri Tjahjo Kumolo, Erni Guntarti sesuai mengikuti prosesi pemakaman di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

"Yang saya ingat, Bapak ingin meninggal dalam tugas. Itu saja," kata Erni kepada wartawan.

Erni menuturkan, dirinya berkenalan dengan Mantan menteri dalam negeri (Mendagri) itu sejak di bangku sekolah menengah pertama (SMP).

Erni Guntari, istri almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo saat menaburkan bunga di makam almarhum suaminya, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (1//7/2022).
Erni Guntari, istri almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo saat menaburkan bunga di makam almarhum suaminya, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (1//7/2022). (Tribunnews.com/ Mario Christian Sumampow)

Menurutnya, ketika menikah keduanya pun menjalani hidup apa adanya.

Tjahjo, kata Erni, adalah sosok yang tak pernah memaksanya untuk selalu di rumah, melainkan selalu mendukungnya.

"Kenangannya banyak sekali," ujar Erni.

Baca juga: Detri Warmanto Ungkap Mertuanya Tjahjo Kumolo Sempat Bilang Ingin Akhir Hayatnya Saat Bertugas

Ia pun mengungkap kebiasaan baru Tjahjo belakangan ini, yakni mendengarkan alunan ayat suci Alquran jelang lelap.

"Biasanya tidak begitu. Itu kebiasaan baru Bapak, mendengarkan alunan ayat suci sampai pagi. Kalau bangun, tahajud," ungkap Erni.

Tjahjo Kumolo wafat pada hari ini, Jumat (1/7/2002) pukul WIB 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta. Diketahui, Tjahjo merupakan politisi senior PDIP.

Tjahjo juga pernah menjabat sebagai jajaran DPP sebagai Sekretaris Jenderal PDIP. Pada tahun 2014, Tjahjo ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai menteri dalam negeri (Mendagri).

Lalu, pada pemerintahan Presiden Jokowi periode 2019-2024, Tjahjo kembali dipercaya masuk kabinet untuk menjabat sebagai Menpan RB.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved