Peringati Hari Koperasi Nasional, Dekopin Ziarah ke Makam Bung Hatta di TPU Tanah Kusir

Dekopin melakukan ziarah sekaligus doa bersama di makam Bung Hatta di TPU Tanah Kusir, Bintaro, Jakarta Selatan pada Kamis (7/7/2022)

Ist
Memperingati Hari Koperasi Nasional, Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) melakukan ziarah sekaligus doa bersama di makam Bung Hatta di TPU Tanah Kusir, Bintaro, Jakarta Selatan pada Kamis (7/7/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional, Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) melakukan ziarah sekaligus doa bersama di makam Bung Hatta di TPU Tanah Kusir, Bintaro, Jakarta Selatan pada Kamis (7/7/2022).

Kegiatan ini juga turut dihadiri secara langsung oleh Staff Khusus Menteri Koperasi dan UMKM, Agus Santoso bersama dengan jajaran pengurus Dekopin, Dekopinwil, dan Dekopinda.

"Api perjuangannya dapat kami lanjutkan sebagai gerakan koperasi. Agar gerakan koperasi di Indonesia dapat kembali menjadi mainstream dalam kebijakan pemerintah Indonesia," kata Ketua Umum Dekopin, Sri Untari Bisowarno, dalam keterangannya, pada Jumat (8/7/2022).

Untari memaparkan, bahwa kegiatan ziarah dan doa bersama kepada almarhum Bung Hatta menjadi rangkaian awal kegiatan peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75.

Baca juga: RDP dengan Komisi XI, Dekopin Minta RUU PPSK Tak Hilangkan Jatidiri Koperasi

Yang selanjutnya pada tanggal 13 hingga 17 Juli 2022, peringatan Harkopnas akan difokuskan di Provinsi Bali.

Beberapa kegiatan telah dipersiapkan, seperti seminar nasional, penanaman pohon mangrove, pameran, dan dilanjutkan dengan kegiatan Rapat Kerja Nasional Dekopin tahun 2022.

"Tanggal 14, kita akan melaksanakan puncak acara dengan pemberian penghargaan kepada semua yang memiliki prestasi kepada dunia koperasi. Baik itu kepala daerah, pejabat negara maupun rekan-rekan kita di gerakan koperasi yang memiliki integritas dan kontribusi terhadap gerakan koperasi," tuturnya.

Menurutnya, gerakan koperasi dewasa ini harus bisa bertransformasi menyesuaikan diri sesuai dengan perkembangan dan semangat zaman.

Salah satunya menyesuaikan juga menyusun langkah gerakan dan program berdasarkan Sustainable Development Goals (SDGs).

Sehingga, pihaknya juga mempersiapkan gebrakan baru berupa kampanye 5 Juta Milenial berkoperasi kerjasama antara Dekopin bersama dengan Kinarya Coop untuk mengajak kaum milenial aktif berkoperasi melalui ekonomi kreatif dan film.

"Karena kita sadar koperasi ini tidak boleh mati, maka kita harus siapkan regenerasi. Selain itu kita akan memberikan hibah 1000 aplikasi sistem koperasi, termasuk kita akan chanelkan teman-teman koperasi kepada perbankan," ucap Sri Untari.

Baca juga: Dekopin Dorong Koperasi Mempercepat Upaya Digitalisasi

Berbagai rangkaian kegiatan ini, merupakan bentuk kontribusi Dekopin untuk bisa mewujudkan Koperasi Indonesia yang kuat dan berdaya.

Hal ini mendapat sambutan baik dan apresiasi dari Staff Khusus Kemenkop-UKM, Agus Santoso yang mewakili Menteri Koperasi dan UKM RI.

Dia berharap agar semangat dan tekad daripada jajaran pengurus Dekopin, Dekopinwil, dan Dekopinda untuk meneruskan api perjuangan Bung Hatta dalam ipaya membangun kesejahteraan rakyat dan keadilan ekonomi melalui koperasi dapat terwujud.

"Kami berharap untuk gerakan koperasi tetap terus hidup, terus membumi dan solid. Koperasi kuat, rakyat berdaulat, Indonesia hebat," ucap Agus Santoso.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved