Idul Adha 2022

Kemendagri Potong 237 Hewan Kurban dan Bagikan 9.944 Paket Daging Idul Adha 1443 Hijriah

Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) potong 237 ekor hewan kurban pada momentum Idul Adha 1443 Hijriah.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Hasanudin Aco
Ist
Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri, Agus Fatoni saat menyerahkan paket daging hewan kurban di momentum Idul Adha 1443 Hijriah. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) potong 237 ekor hewan kurban pada momentum Idul Adha 1443 Hijriah.

Adapun rinciannya 93 ekor sapi, 1 ekor kerbau, dan 143 ekor kambing.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri, Agus Fatoni selaku Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan Idul Adha Tahun 1443 Hijriah di Lingkungan Kemendagri dan BNPP saat acara penyerahan hewan kurban, di Halaman Plaza Gedung A Kemendagri.

Penyerahan daging kurban dilingkungan Kemendagri dan BNPP dilakukan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri, Suhajar Diantoro.

Baca juga: Kemendagri Dorong Pemda Terapkan Simplifikasi Regulasi dalam Merancang Peraturan Daerah

Pada sambutannya, Suhajar mengingatkan pentingnya bersyukur kepada Allah SWT atas berbagai nikmat yang telah diberikan.

Diantara bentuk bersyukur kepada Allah SWT adalah mengikuti perintah-Nya dengan cara berkurban pada hari raya Idul Adha.

"Marilah kita bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat-Nya, Alhamdulillah sampai dengan saat ini kita masih banyak diberikan nikmat, satu diantara nikmat yang sangat harus kita syukuri adalah nikmat kehidupan diatas hamparan bumi ciptaan Allah SWT," ujar Suhajar.

Selain itu, Suhajar mengapresiasi terlaksananya perayaan Idul Adha 1443 Hijriah di lingkungan Kemendagri dan BNPP.

Terlebih, tahun ini jumlah hewan yang dikurbankan meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Dirinya berharap, kualitas ibadah kurban yang dijalankan oleh Kemendagri dan BNPP dapat makin meningkat serta memberikan banyak manfaat.

"Saya berterima kasih kepada rekan-rekan seluruhnya dan kepada segenap panitia, sampaikan salam keseluruh pegawai yang telah ikhlas berkurban. Selain itu, saya ingin menghaturkan terima kasih kepada seluruh jajaran dan juga kawan-kawan yang telah mengoordinirnya karena ibadah kurban ini diwajibkan bagi yang mampu, syarat-syaratnya kita sudah paham semua," kata Suhajar.

Sementara itu, Fatoni selalu Ketua Panitia menjelaskan, rincian hewan kurban pada Idul Adha 1443, yang pertama dari Sekretariat Jenderal 3 ekor sapi dan 6 ekor kambing. Ditjen Polpum 3 ekor sapi dan 6 ekor kambing. Ditjen Adwil 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Ditjen Otda 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Sedangkan Ditjen Keuda 7 ekor sapi, 1 ekor kerbau dan 7 ekor kambing.

Kemudian dari Bangda 6 ekor sapi, BPSDM termasuk dari Regional 24 ekor sapi dan 24 ekor kambing. Sementara dari Itjen 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing, BPP atau Litbang 7 ekor sapi dan 9 ekor kambing, Ditjen Pemdes 2 ekor sapi, BNPP 4 ekor sapi dan 2 ekor kambing, IPDN termasuk IPDN regional 20 ekor sapi dan 73 ekor kambing.

Ditjen Dukcapil 10 ekor sapi dan 10 ekor kambing. DKPP 1 ekor sapi, dan Gabungan Komponen 1 ekor sapi.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved